Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 21 June 2016

AMALAN–Ustadz Kembar: Waktu Mustajab di Bulan Ramadhan


ustadz-kembar

IslamIndonesia.id – Waktu Mustajab di Bulan Ramadhan

Oleh : @UstadzKembar

Berikut waktu yang terbaik dalam berdoa di bulan Ramadhan :

1. Waktu sahur

Ibnu Hajar juga menjelaskan :

أَن آخر اللَّيل أَفضَل للدعاء وَالاِستِغفَار ويشهد له قوله تعالى والمُستَغفِرِين بالأسحارِ وَأن الدعاء فِي ذَلِكَ الوَقت مجاب

“Bahwa akhir malam sangat afdhal untuk berdoa dan beristighfar. Dalilnya firman Allah : ‘yaitu orang-orang yang rajin beristighfar di waktu sahur.’ Dan bahwa doa di waktu sahur itu mustajab.”
(Fathul Bari, 3/31).

2. Saat berpuasa

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad)

3. Ketika berbuka puasa

Nabi SAW bersabda :

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi.”
(HR. Tirmidzi dan Ibn Majah).

Lepas berbuka, doa kita mengiringi amalan-amalan mulia seperti shalat Maghrib dan Isya, dzikir, shalawat, lalu masih ada tarawih dan tadarus Quran yang mengikat doa kita dengan pengkabulan. Hingga tidur dan bertemu lagi dengan waktu sahur.

Subhanallah, Ramadhan adalah Samudra Ijabah, Lautan Pengkabulan Doa, tiap detik dan waktu nafasmu dalam Ramadhan adalah nafas mustajab. Maka perbanyaklah memohon dan meminta, serta mengemis cintaNYA. Semoga kita semua termasuk yang beruntung memiliki Ramadhan sebagai kunci terwujudnya segala harapan dan impian. Amin

Salam Kembar
Adie & Alwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *