Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 09 December 2018

Alwi Shihab: Sebagian Habib Tak Mencontoh Dakwah Nabi


alwi-shihab-jokowi-bisa-wujudkan-palestina-merdeka

islamindonesia.id – Alwi Shihab: Sebagian Habib Tak Mencontoh Dakwah Nabi

 

 

Alumni Al Azhar Mesir, Alwi Shihab mengatakan, sebagian habib di Indonesia tidak mencontoh akhlak panutannya, Rasulullah Saw, dalam berdakwah. Bahkan mereka menggunakan kata-kata yang mengandung cacian kepada orang lain ketika berceramah.

“Ini tidak sesuai dengan karakter seorang dai atau pemuka agama,” kata Alwi yang juga seorang habib ini seperti disiarkan di kanal Youtube Forkom Alawiyyin. Alwi tidak setuju jika seorang habib memanfaatkan mimbarnya untuk mencederai perasaan pihak lain hanya karena berbeda pendapat.

Bagi mantan menteri luar negeri Indonesia ini, seorang habib seharusnya mencontoh karakter Nabi. Seperti diabadikan Al-Qur’an, Nabi dipuji karena karakternya sebagai manusia yang berbudi luhur.

“Budi luhur artinya tidak menyakiti orang lain, tidak mencaci maki orang lain, tidak menghujat orang lain,” katanya. “Namun sangat disayangkan, banyak habib yang senang memprovokasi sehingga mendapat tepuk tangan oleh golongan tertentu.”

Padahal dalam sejarahnya di Nusantara, kata Alwi, peranan habib sangat mulia. Namun belakangan ini, sebagian habib berdakwah dengan hujatan.

“Karena itu, habib sekarang ini hendaknya mengambil contoh para habib yang sukses memberikan pendidikan kepada masyarakat Indonesia,” katanya. Habib yang tercatat sukses dalam sejarah itu misalnya, Habib Alwi Kwitang Al Habsyi di Jakarta dan Habib Idrus Al Jurfri di Palu.[]

Simak video selengkapnya:

YS/islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *