Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 27 February 2014

Akhirnya, Video “Innocence of Muslims” Harus Hengkang dari YouTube


Akhirnya, Video “Innocence of  Muslims” Harus Hengkang dari YouTube

Innocence of Muslims, video yang sempat mengundang kemarahan sebagian Muslim di berbagai penjuru dunia, akhirnya wajib dicopot dari YouTube.

Pengadilan banding Amerika Serikat memerintahkan Google untuk menjalankan keputusan yang lahir dari pemungutan suara panel hakim dengan hasil 2-1. Dua di antara tiga hakim menolak alasan Google bahwa pencabutan video akan melanggar konstitusi Amerika Serikat tentang kebebasan berpendapat.

Pihak penggugat, aktris asal California, Cindy Lee Garcia, merasa keberatan atas film tersebut karena memuat sebuah klip yang dia buat untuk film yang sama sekali bertujuan lain, di mana penampilannya dalam sebuah adegan kemudian disulihsuarakan seolah dia mengatakan kalimat yang menghina Nabi Muhammad Saw. Garcia merasa ditipu oleh sang sutradara yang jelas-jelas menyembunyikan maksud sebenarnya pembuatan film itu.

Sejauh ini belum ada perwakilan Google yang bisa dimintai konfirmasi, namun pihak pengacara penggugat memastikan kliennya gembira dengan keputusan itu.

“Perintah mencopot film itu dari YouTube merupakan keputusan yang benar,” ujar sang pengacara. “Film propaganda itu sama sekali berbeda dengan yang dipahami Ms. Garcia saat dia diminta sang sutradara menjadi salah satu cast film yang ketika itu disebut sebagai film ‘petualangan padang pasir pada masa Merir kuno’.”

Pada 2012, sejumlah demonstrasi muncul di Libya, Mesir, dan sejumlah negara berpenduduk Muslim menentang film yang menghina Nabi Saw. tersebut.  Sungguh unik bahwa akhirnya film itu diturunkan bukan oleh Muslim, namun oleh orang yang terlibat dalam film itu sendiri. Bukti bahwa kebohongan memang tak akan pernah menang. [nbcnews]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *