Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 31 August 2017

Akhirnya Pengadilan India Tetapkan Taj Mahal sebagai Mausoleum Muslim  


islamindonesia.id – Akhirnya Pengadilan India Tetapkan Taj Mahal sebagai Mausoleum Muslim

 

Setelah silang pendapat dan kontroversi yang berkepanjangan, sebuah pengadilan di India mengukuhkan bahwa Taj Mahal adalah makam atau mausoleum Muslim, bukan kuil Hindu.

Keputusan pengadilan itu diambil setelah tuntutan yang diajukan oleh enam pengacara yang menyebut salah satu keajaiban dunia itu sesunguhnya adalah kuil Hindu bernama Tejo Mahalaya, yang didedikasikan untuk Dewa Shiva.

Sebagaimana dilaporkan The Guardian, Rabu (30/8/2017), para pengacara itu menilai umat Hindu seharusnya diizinkan untuk beribadah di Taj Mahal.

Sejauh ini hanya umat Muslim yang diizinkan beribadah di bangunan yang terletak di kota Agra itu.

Dalam proses penetapan keputusannya, pengadilan telah mengumpulkan bukti dan keterangan dari dewan arkeolog resmi yang diangkat pemerintah India.

“Pernyataan tertulis kita sangat jelas dan membantah klaim yang disampaikan oleh pengacara itu. Kami meminta supaya pengadilan menolak gugatan mereka,” kata Dr Bhujan Vikrama, salah satu anggota dewan arkeolog.

Bukan sekali ini saja muncul klaim bahwa Taj Mahal adalah kuil yang diperuntukkan untuk umat Hindu.

Klaim datang dari berbagai kelompok mulai dari kelompok Hindu nasionalis, Hindu ekstremis hingga pihak yang menolak kebenaran sejarah.

Kebanyakan pencetus teori ini tidak senang bahwa bangunan megah itu adalah peninggalan kebudayaan Muslim.

Mereka berpendapat Kekaisaran Mughal menghanncurkan banyak kuil Hindu atau mengkonversinya menjadi masjid, maka Taj Mahal juga adalah salah satu bekas kuil Hindu yang telah dialihfungsikan.

Taj Mahal adalah salah satu lokasi wisata paling populer di India dan dikunjungi 7-8 juta orang setiap tahun.

Taj Mahal dibangun kaisar Mughal, Shah Jahan, yang berkuasa dari 1628-1658 sebagai makam untuk istrinya tercinta, Mumtaz Mahal.

Sejak 1983, Taj Mahal sudah dijadikan Situs Warisan Dunia UNESCO dan pada 2007 menjadi pemenang dalam inisiatif 7 Keajaiban Dunia Baru.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *