Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 04 February 2014

Akhirnya, Panama Bisa Membangun Masjid untuk Pertama Kali


ROL

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pemeluk Islam di kalangan penduduk asli Republik Panama terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bahkan, sekarang berdiri mushala pertama yang dibangun penduduk pribumi negeri tersebut.

“Ini adalah pertama kalinya kami memiliki tempat ibadah yang didirikan oleh masyarakat asli Panama. Yang lebih penting lagi, tempat ini terbuka bagi siapa saja,” ujar seorang mualaf Panama, Bianca Chanis, kepada majalah Religious Patches, Selasa (04/1).

Dilansir OnIslam.net, semakin banyaknya penduduk pribumi Panama menjadi mualaf, mendorong mereka membangun sebuah tempat ibadah secara swadaya.

Dan, setelah kampanye selama 9 tahun yang dipimpin oleh Muslimah Panama, yakni Josefina Bell-Munajj dan Khadijah Jackson untuk mendapatkan izin membangun masjid, akhirnya untuk pertama kalinya, keinginan penduduk asli Panama tersebut dapat terealisasi.

Josefina Bell-Munajj dan Khadijah Jackson juga berharap masjid akan menjadi pusat pendidikan Islam di masa depan. Kedua Muslimah ini telah menyediakan kelas Islam bagi perempuan Muslim di sebuah ruangan yang dipinjam oleh seorang dokter gigi Muslim lokal sejak tahun 2011. 

Dimulai dari kelompok kecil yang berisi sepuluh orang, kelompok ini berkembang. Sekarang ada sekitar tiga puluh wanita menghadiri kelas dengan mereka. “Kami mulai merasakan urgensi untuk mendapatkan ruang baru karena jumlah kita terus bertambah,” kata Bell-Munajj pekan lalu seperti dikutip dari worldbulletin.net.

Meskipun Muslim pendatang yang telah menetap di Panama  telah menyiapkan sejumlah masjid, Masjid Al Haqq akan menjadi bangunan masjid pertama yang didirikan oleh Muslim asli Panama.

Islam telah menjadi bagian dari Panama sejak pertengahan abad ke-16, dibawa oleh orang Afrika yang dikirim lebih sebagai bagian dari perdagangan budak. Abad kedua puluh juga melihat migrasi Muslim dari Timur Tengah dan Asia Selatan. 

Sekitar 24.000 umat Islam diyakini berada di Panama saat ini. Jumlah tersebut merupakan 1% dari keseluruhan populasi.

Sumber: ROL

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *