Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 04 March 2017

Ajak Lawan Hoax, Begini Trik Sederhana dari Gus Mus


islamindonesia.id – Ajak Lawan Hoax, Begini Trik Sederhana dari Gus Mus

 

KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus mengaku prihatin atas merebaknya hoax. Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang itu mengaku beberapa kali menjadi sasaran dari berita bohong. “Gambar-gambar saya ada di mana-mana disertai tulisan yang bukan omongan saya, yang kenal saya pasti tahu bahwa itu bukan saya,” tuturnya.

Menyebutnya sebagai fenomena negatif, Gus Mus menyatakan berita bohong (hoax) dan fitnah yang marak di berbagai media social itu harus dilawan.

Ulama karismatik tersebut berujar, masyarakat yang menolak hoax secara tidak sadar justru ikut menyebarkannya ke masyarakat luas. “Kadang kita ikut menyebarkan tanpa sengaja, ikut ‘meretweet’ disertai pertanyaan ‘ini hoax tidak ya?’, padahal itu sudah menyebarkan,” terang Gus Mus di kediamannya, Jumat (3/3/2017) malam.

Oleh karena itu, kata Gus Mus, orang baik dan para cerdik pandai harus turun langsung mengedukasi masyarakat. Di sisi lain, masyarakat harus pandai menyaring berita dengan memanfaatkan fitur khusus di setiap media sosial.

Bagaimana caranya?

Kiai sekaligus Budayawan yang tergolong aktif memanfaatkan media sosial Twitter lewat akun @gusmusgusmu itu pun berbagi trik sederhana.

“Setiap media sosial sudah menyediakan fasilitas untuk menyaring, kalau tidak mau membaca ‘hoax’ ya dibisukan (mute), ‘unfollow’ atau cara lain yang telah disediakan,” pungkasnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *