Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 07 October 2018

‘Adanya Bencana Bukan Berarti Allah Murka pada Hamba-Nya’


Screenshot (45)

islamindonesia.id – ‘Adanya Bencana Bukan Berarti Allah Murka pada Hamba-Nya’

 

 

Adanya bencana alam seperti gempa dan tsunami bukan berarti Allah murka pada hamba-Nya. Menurut Habib Jindan bin Novel, itu bisa jadi justru bentuk kasih sayang Allah pada hamba-Nya.

“Ada banyak hikmah dari setiap kejadian,” kata Habib Jindan ketika bercermah di Masjid Fathul Qarib Aceh seperti disiarkan Facebook Majelis Al Muwashalah Aceh. “Sesungguhnya dari hal gaib terkandung keajaiban-keajaiban dari Allah.”

Ia bilang, orang paling banyak diuji dengan musibah ialah para nabi dan orang-orang yang mengikuti jejaknya. Tapi mereka dapat musibah bukan karena pribadi dan perbuatannya yang hina di depan Allah.

“Bukan, tapi apabila Allah cinta pada hambanya, Dia akan mengujinya,” ujar  Habib kelahiran Sukabumi ini.

Mengutip ulama asal Suriah Muhammad said Ramadhan al Buthi, ia berkata, terkadang kejadian yang tampaknya bahaya terkandung manfaat dari Allah di dalamnya. Karena itu, menurut kesaksian banyak orang, betapa banyak nikmat yang tersembunyi dari balik musibah.

Salah satunya, musibah dapat membuat hubungan hamba dengan Allah semakin kuat. Bahkan, terkadang Allah menurunkan musibah kepada hamba-Nya agar yang bersangkutan mengemis dengan bermunajat kepada-Nya. “Karena Allah suka mendengar suara hamba itu ketika memanggil nama-Nya,” katanya.

Lihatlah sejarah perjalanan Nabi Muhammad saw, kata Habib Jindan. Ujian Sang Nabi begitu besar padahal utusan Allah itu merupakan manusia paling agung.

 

 

 

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *