Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 17 September 2019

Abu Dhabi akan Bangun Masjid Pusat Islam Moderat di Indonesia


islamindonesia.id-Abu Dhabi akan Bangun Pusat Islam Moderat di Indonesia

Pemerintah Indonesia sedang menjajaki sejumlah program kerjasama dengan Uni Emirat Arab. Salah satu di antaranya, UEA berkomitmen untuk memberikan bantuan pembangunan masjid di Indonesia sebagai pusat pengarusutamaan Islam moderat atau wasathiyah.

“Masjid ini akan menjadi Center of Wasathiyah Islam di Indonesia. Sejumlah program dan kegiatan pengarusutamaan Islam wasathiyah akan dilaksanakan di masjid tersebut,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan di sela kunjungan kerjanya, di Abu Dhabi, seperti dilansir Kemenag.go.id, 17 September. Hanya saja, rencana wilayah pembangunan masjid belum disebutkan.

Sementara Indonesia akan mengirimkan imam masjid untuk ditempatkan di sejumlah masjid di Negeri kaya minyak itu. Kedua program ini, menurut Kholis, bagian dari kerjasama dalam rangka pengarusutamaan Islam wasathiyah.

Adapun program lainnya ialah, pengembangan penerapan sistem e-learning untuk diterapkan di Indonesia termasuk madrasah. Nur Kholis menyampaikan, Jakarta – Abu Dhabi sepakat membuat pilot project penerapan sistem e-learning yang akan menyasar sekitar 30 ribu siswa kelas 7 Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Indonesia.

“Ada dua mata pelajaran yang akan menjadi pilot project ini. Yaitu, matematika dan bahasa Arab,” kata M. Nur Kholis.

Nur Kholis melakukan kunjungan kerja bersama rombongan yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Dalam kunjungan yang berlangsung 15 hingga 18 September 2019 ini, turut serta Tenaga Ahli Madya Kedeputian V Kantor Staf Presiden Munajat, dan pakar matematika dan fisika Yohanes Surya.[]

YS/islamindonesia/Foto: Kemenag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *