Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 05 April 2017

A Tile for Seville: Program Khusus Tiga Negara, Galang Dana Bangun Masjid di Spanyol


islamindonesia.id – A Tile for Seville: Program Khusus Tiga Negara, Galang Dana Bangun Masjid di Spanyol

 

Setelah berkesempatan mempelajari Islam di Australia, Oki Setiana Dewi kembali berbagi ilmu ke luar negeri. Kali ini, bersama penyanyi Dewi Sandra, ia bertolak ke Eropa.

Oki dan Dewi Sandra terbang ke Spanyol untuk mewakili Indonesia dalam program “A Tile for Seville“. Mereka bersama kontingen Malaysia dan Singapura bergabung dengan program khusus untuk membangun masjid-masjid di Seville itu.

“Yang kami tahu, Islam pernah sangat berjaya di Spanyol selama 8 abad. Tapi masjid tidak ada, khususnya di Seville,” kata Oki di Jakarta Selatan, Minggu (2/4/ 2017).

“Setiap Jumat banyak orang yang bersyahadat, teman yang baru masuk Islam, generasi-generasi baru selalu meningkat jumlah Muslimnya. Mereka enggak punya masjid. Mereka hanya punya mushalla yang di atasnya apartamen,” tambah dia.

Oki menceritakan kesulitan komunitas Muslim di sana. Menurutnya, karena jumlah mereka masih sedikit, maka banyak yang protes apabila melakukan kegiatan keagamaan di tempat umum.

Saat Ramadan tiba, umat Islam bahkan harus rela melakukan ibadah shalat tarawih di mushalla kecil dan panas. Meskipun tak nyaman, keteguhan mereka untuk tetap beribadah menarik perhatian masyarakat dari berbagai negara.

“Jadi mereka betul-betul butuh masjid di situ. Itu kenapa Oki, Mba Dewi, dan teman-teman perwakilan yang lain ingin membantu teman-teman di Spanyol untuk membuat masjid di Seville. Mirislah. Karena dulu Islam pernah berjaya 800 tahun, tapi kita enggak punya masjid sama sekali di situ,” tutur presenter cantik tersebut.

Agar dapat merealisasikan pembangunan masjid di Seville, dalam waktu dekat, Oki dan Dewi Sandra akan melakukan kampanye melalui Youtube untuk menggalang donasi dari seluruh dunia.

Tayangan itu akan dibuat dalam 30 episode yang akan ditayangkan di Youtube dengan durasi 4 menit untuk campaign berdonasi.

“Saya berharap Indonesia, kita mayoritas umat Islam juga, membantu mereka yang sungguh-sungguh ingin ibadah,” imbuh ibunda Maryam Nusaibah Abdullah itu.

 

EH / Islam Indonesia – Sumber: dream

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *