Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 26 June 2018

901 Peserta akan Jalani Seleksi Beasiswa Doktor di UIN dan IAIN


Islamindonesia.id- 901 Peserta akan Jalani Seleksi Beasiswa Doktor di UIN dan IAIN

 

 

Seleksi Program Beasiswa 5000 Doktor Dalam Negeri akan digelar pada 28 Juni 2018. Ujian tulis dan wawancara ini akan berlangsung hingga 29 Juni 2018.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Arskal Salim GP mengatakan bahwa ujian akan diikuti  901 peserta yang telah mendaftar. Lokasi ujian tersebar di 17 Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri (PTKIN).

“Pelaksanaan ujian akan dilaksanakan di 15 UIN (Universitas Islam Negeri) dan 2 IAIN (Institut Agama Islam Negeri),” kata Arskal di Jakarta, Selasa (26/06).

Menurutnya, program beasiswa ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk memilih perguruan tinggi  yang menjadi mitra Kemenag, baik PTKIN maupun PTU.

“Peserta ujian besok adalah yang memilih PTKIN, sedangkan bagi PTU akan dilaksanakan ujian pada 4 Juli 2018,” terangnya.

Arskal berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya agar berhasil memperoleh bantuan studi doktor. Dengan gelar doktor yang dimiliki pengajar akan memperkuat basis keilmuan dan juga status kelembagaan PTKI.

“Kita masih sangat membutuhkan jumlah dosen yang cukup besar untuk meningkatkan kualifikasi tenaga pengajar PTKI di seluruh Indonesia yang rata-rata masih bergelar Master,” tuturnya.

Kasubdit Ketenagaan Ahmad Syafi’i berpesan agar peserta menyiapkan kelengkapan ujian.

“Ketentuan yang harus dibawa saat ujian, yaitu proposal disertasi, print-out kartu ujian, Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, dan alat tulis (ballpoint, pensil, penghapus),” paparnya.

Ujian tulis yang digelar pada hari pertama, terdiri dari tes potensi akademik (TPA), Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Sedangkan pada hari kedua dilakukan tes wawancara proposal

 

 

 

YS/islamIndonesia/Sumber: Kemenag.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *