Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 24 October 2018

3 Tingkatan Sabar Menurut Imam Masjid Istiqlal


nasaruddin umar

islamindoneisa.id – 3 Tingkatan Sabar Menurut Imam Masjid Istiqlal

 

 
Sabar merupakan kata yang enteng diucap tapi tidak mudah diamalkan. Padahal, menurut Imam Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar, orang yang mampu bersabar akan mendekati keberhasilan.

Dalam Islam, orang dapat mewujudkan sabar sesuai dengan kapasitas ruhaninya. Hal ini merujuk pada tiga istilah sabar yang dikenalkan ajaran agama ini.

“Ada sabar dalam pengertian sabir, yaitu: orang yang seharusnya mampu melawan tapi  memaafkan,” kata ulama asal Sulawesi Selatan ini seperti disiarkan kanal Youtube BeritagarID.

Tingkatan sabar lebih tinggi dari itu ialah masabir. Jika ada yang mengatakan: saya sudah memaafkan tapi saya tidak bisa melupakan, menurut Nasaruddin, ia belum mencapai masabir.

“Jika kita dapat memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain, kita sudah sampai pada tingkatan masabir,” ujarnya.

Adapun tingkatan lebih tinggi ialah assabur. Orang-orang yang mencapai tingkatan ini tidak memiliki lagi persoalan dengan kesalahan orang lain sehingga tidak merasa menderita akibat perbuatan orang lain.

“Semua berjalan seperti air,” katanya. “Tidak pernah ada benci dalam hatinya.”

Alih-alih berbagi penderitaan, ia justru berbagi keceriaan dan kebahagiaan dengan orang lain. Orang-orang seperti ini seperti obat dan energi positif bagi lingkungan dan masyrakatnya. “Karena itu, begitu orang-orang seperti ini datang, kita akan mendapatkan tambahan energi darinya,” katanya.

 

 

 

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *