Satu Islam Untuk Semua

Monday, 23 December 2019

Disebut Syiah, Begini Tanggapan Haddad Alwi


islamindonesia.id – Disebut Syiah, Begini Tanggapan Haddad Alwi

Menyambung pemberitaan kemarin (21/12) Sikap NU dan Muhammadiyah Soal Pengusiran Haddad Alwi, dua ormas Islam terbesar di Indonesia itu secara tegas telah menyatakan sikapnya.

Sebagaimana pada pemberitaan itu, dijelaskan bahwa persekusi terhadap Haddad Alwi bermula saat dirinya dituding sebagai Syiah. Tudingan tersebut nampaknya membuat orang bertanya-tanya, benarkah Haddad Alwi bermazhab Syiah? Lantas bagaimana tanggapan Haddad Alwi sendiri?

Percakapan berawal dari pertanyaan netizen di instagram luzamzu21, “Maaf sebelumnya, bang @abihaddadalwi (Haddad Alwi) ini Syiah bukan toh?”

Sumber: Instagram Story Haddad Alwi

Haddad Alwi enggan mengaitkan dirinya dengan aliran atau mazhab tertentu, entah itu AhluSunah, Syiah, atau mazhab lainnya. Pelantun shalawat ini lebih memilih menempatkan Islam di atas mazhab-mazhab yang ada. Baginya yang penting adalah Islam dan menjalankan ajaran Islam dengan sebaik-baiknya, dan dia tidak keberatan dibilang beraliran apapun.

Berikut pernyataan Haddad Alwi di Instagram Story miliknya:

Memang beberapa waktu belakangan ini ada banyak tuduhan dan fitnahan yang terus diulang-ulang tentang abi….

Abi tidak keberatan dibilang beraliran apa pun. Karena bagi Abi mazhab Ahlus Sunah, mazhab Ahlul Bayt (Syiah), Wahhabi, maupun NU dan Muhammadiyah adalah sesama Muslim. Betapapun memiliki perbedaan-perbedaan pandangan dalam furu’ (cabang) satu sama lain.

Bagi Abi, yang terpenting adalah Abi Muslim yang berusaha menjalankan ajaran Islam dengan sebaik-baiknya, dan insyaAllah Abi akan mempertanggungjawabkan apa yang Abi lakukan dalam hidup ini di hadapan Allah Swt.

Namun Abi sedih ketika Abi dituduh membenci istri-istri Nabi juga para sahabat Nabi…. Demi Allah Abi mengutuk siapapun yang melaknat atau bahkan mengatakan bahwa para sahabat Nabi dan istri Nabi, adalah kafir.

Boleh saja jika ada orang menuduh Abi sedang bertaqiyah (berpura-pura). Tapi Allah lebih tahu tentang apa yang ada di dalam hati Abi. Dan Abi berdoa agar Allah memaafkan orang-orang yang berprasangka buruk kepada Abi.

Dan demi Allah, bagi Abi, Antum semua adalah saudara-saudara Abi. Dan hanya keridhaan serta pertolongan Allah Swt saja yang kita harapkan.

Sumber: Instagram Story Haddad Alwi

Malik/IslamIndonesia/Foto Utama: Haddad Alwi/Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *