Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 24 September 2015

STOP PRESS – HOROR di MINA – Korban Tewas Melonjak 717 Orang


IMG_1712-0

*** UPDATE 1: Korban tewas melonjak menjadi 717 orang, kata kantor berita The Associated Press mengutip pernyataan sejumlah pejabat Saudi.

HOROR di MINA – Korban Tewas 453 Orang, Luka-luka 719; Tamparan bagi Raja Saudi

Korban tewas insiden saling injak di antara jamaah haji yang menuju tempat pelemparan jumrah di Mina, Arab Saudi, pada Kamis pagi melonjak menjadi sedikitnya 453 orang dan melukai 719 jamaah lainnya, kata pejabat Saudi. 

“Ada kecelakaan jemaah haji terinjak-injak di Mina dan unit pertahanan sipil sedang menanganinya,” kata Brigadir Jenderal Mansour al-Turki, juru bicara Kementrian Dalam Negeri.  

Pejabat pertahanan sipil  sejauh ini menyatakan korban tewas terakhir mencapai 453 orang dan kemungkinan bertambah. Pejabat menyebutkan kerajaan menerjunkan 4.000 petugas dan 200 unit ambulans tambahan untuk menolong korban luka-luka. 

Insiden ini, memperpanjang daftar horor kematian jamaah haji di Mina dalam 25 tahun terakhir, pecah hanya berselang pekan setelah horor crane patah di Masjidil Haram pada 11 September menewaskan sedikitnya 107 orang jamaah haji — termasuk 11 orang dari Indonesia — dan melukai ratusan lainnya.

Insiden ini sekaligus tamparan bagi Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis Al Saud, yang di malam sebelum kejadian menyempatkan berkunjung ke Mina untuk apa yang digambarkan media kerajaan sebagai inspeksi langsung kenyamanan, pelayanan dan fasilitas jamaah haji. 

Horor di jalanan Mina pagi tadi, bertepatan dengan perayaan Idul Adha di negara-negara Muslim, mempertegas kegagalan Saudi dalam memastikan keamanan dan keselamatan jamaah haji dari berbagai negara. 

RR/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *