Satu Islam Untuk Semua

Monday, 15 May 2017

Teladani Rasulullah, Jadilah Manusia yang Pandai Membalas Budi


Teladani Rasulullah, Jadilah Manusia yang Pandai Membalas Budi

islamindonesia.id – Teladani Rasulullah, Jadilah Manusia Pandai Membalas Budi

 

Manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Untuk bisa tersaji di atas meja kita, nasi dan lauk pauknya melewati proses panjang dan melelahkan, yang melibatkan banyak orang. Belum lagi orang-orang yang berbuat baik kepada kita secara cuma-cuma seperti bantuan yang kita terima di tengah perjalanan.

Karenanya Islam mengajarkan kepada kita untuk pandai membalas budi baik orang lain. Di samping itu kita juga dianjurkan untuk mendoakan mereka yang telah berbuat baik kepada kita. Hal ini diajarkan oleh Rasulullah SAW melalui doa berikut ini.

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

Jazâkallâhu khairâ

Artinya, “Semoga Allah membalasmu dengan ganjaran yang baik.”

Dalam riwayat lain, Rasulullah juga mengajarkan umatnya untuk mendoakan keberkahan untuk mereka yang berbuat baik. Rasulullah SAW membaca doa ini ketika mengembalikan uang sebesar 40 ribu yang dipinjamnya dari Abdullah bin Abi Rabi‘ah.

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِكَ

Bârakallâhu laka fî ahlika wa mâlika

Artinya, “Semoga Allah memberkahimu pada keluarga dan juga hartamu.”

Kepada anak kecil pun, Rasulullah SAW tidak meremehkan budi baik. Karenanya, ketika Abdullah bin Abbas yang masih remaja itu menyediakan air wudhu untuk Rasulullah, Beliau SAW berdoa agar Ibnu Abbas menjadi anak yang pintar.

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ ” زاد البخاري ” فَقِّهْهُ فِيْ الدِّيْنِ

Allhâhumma faqqihhu,” atau dalam riwayat Imam Bukhari, “Allâhumma faqqihhu fid dîn.”

Artinya, “Tuhanku, bukalah pemahaman pengetahuan untuknya.” Pada riwayat Imam Al-Bukhari, “Tuhanku, bukalah pemahaman pengetahuan agama untuknya.”

Dari beberapa riwayat di atas, Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya agar menghargai budi baik orang lain, bahkan budi baik anak kecil sekalipun. Semua riwayat doa di atas disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar.

Selain dengan bahasa Arab, kita juga boleh mendoakan orang lain yang berbuat baik kepada kita dengan bahasa Indonesia atau bahasa daerah setempat.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *