Satu Islam Untuk Semua

Monday, 20 May 2019

Shinta Nuriyah: Ruang Kebangsaan adalah Kebersamaan dalam Perbedaan


islamindonesia.id – Shinta Nuriyah: Ruang Kebangsaan adalah Kebersamaan dalam Perbedaan

Dalam acara sahur bersama petani tembakau di Temanggung, Istri mendiang KH. Abdurrahman Wahid, Shinta Nuriyah, berpesan kepada masyarakat untuk tidak terpecah belah dalam kehidupan berbangsa,  karena ruang kebangsaan adalah ruang kebersamaan dalam perbedaan.

“Kalau berbeda, berarti kita saudara. Bukan berbeda kemudian kita terpisah dan memisahkan diri. Kita bersatu dan bersaudara dalam perbedaan,” katanya di Dusun Tempuran, Desa Losari, Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung, Jumat (17/5), seperti dilansir Antara.

Termasuk perbedaan dalam berpolitik, katanya, juga harus disikapi secara arif. Perbedaan dimaknai sebagai ruang perjumpaan untuk mempererat persaudaraan.

“Kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan itu. Kita satu bangsa yang berbeda-beda tetapi tetap satu,” lanjutnya.

Shinta berpesan, agar puasanya berarti tidak sekedar lapar dan haus, maka harus melatih diri untuk bersabar dan menghormati perbedaan, baik antar umat beragama maupun pilihan politik.

“Jangan sampai puasa kita hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja karena kita tidak memahami dengan baik makna puasa. Di antaranya itu, saling menghormati dan menghargai,” tegasnya.

MUH/IslamIndonesia/Foto Fitur: Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *