Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 02 April 2015

Pemerintah Evakuasi Warga dari Yaman


Pemerintah berhasil mengevakuasi 262 orang warga Indonesia keluar dari Sanaa, kata diplomat, di tengah kekhawatiran bombardir Arab Saudi atas Yaman yang telah memasuki hari kedelapan dan menelan puluhan korban jiwa, termasuk anak-anak dan perempuan.

“Suasana sangat mencekam, tapi kami terus menenangkan warga dan meminta semuanya untuk terus berdoa sepanjang lima jam perjalanan dari Al Hudaida,” kata Duta Besar Indonesia untuk Yaman, Wajid Fauzi, menggambarkan perjalanan rombongan warga Indonesia menuju Jizan di perbatasan Saudi.

Di Jizan, rombongan disambut Wakil Duta Besar untuk Arab Saudi, Sunarko, dan pejabat lainnya yang membantu proses imigrasi dan akomodasi, katanya.

Dua warga negara Thailand dilaporkan berada dalam rombongan warga Indonesia atas permintaan Kedutaan Thailand di Sanaa.

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri, sekitar 4.000 orang warga Indonesia menetap di di

Yaman, yang terdiri atas mahasiswa, pekerja profesional di perusahaan minyak dan gas, serta staf kedutaan besar beserta keluarga mereka.

Pasca invasi Saudi atas Yaman, Kementrian Luar Negeri di Jakarta mengabarkan Kedutaan di Sanaa tetap beroperasi normal. Jika keamanan memburuk, Duta Besar bakal pindah dan sementara waktu menetap di Salala, dekat perbatasan Oman, kata seorang pejabat.

 

(Ami/Antaranews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *