Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 20 July 2017

Panglima TNI Tekankan Peran Penting Ulama di Era Persaingan Global  


islamindonesia.id – Panglima TNI Tekankan Peran Penting Ulama di Era Persaingan Global

 

Dalam acara Halal Bihalal di hadapan kiai, ulama dan sekitar 7.000 santri serta 2.000 alumni, bertempat di Pondok Pesantren An Nur 2 Al Murtadlo, Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (16/7/2017) lalu. Panglima TNI Gatot Nurmantyo menyebut saat ini bangsa Indonesia hidup di era yang penuh tantangan dan peluang dalam menghadapi kompetisi global berupa persaingan antarnegara. Menurutnya, di era seperti ini, peran serta ulama Indonesia merupakan salah satu komponen penting dan menentukan untuk mewujudkan Indonesia sebagai bangsa pemenang.

“Sejarah telah membuktikan bahwa peran Kiai, ulama dan santri selalu hadir dalam setiap perjuangan untuk mewujudkan, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan NKRI di samping komponen bangsa lainnya,” ungkap Gatot.

Lebih lanjut Panglima TNI menegaskan sebelum Sumpah Pemuda diikrarkan, mereka telah mengumandangkan perlunya persatuan dan kesatuan bangsa untuk mengusir para penjajah dari Tanah Air Indonesia.

“Indonesia merdeka dari penjajah zaman dahulu tidak lepas dari peran penting Kiai, ulama dan santri,” ujarnya.

Terkait kompetisi global, Gatot menilai persaingan antarnegara muncul sebagai akibat semakin menipisnya energi fosil. Sedangkan pertumbuhan penduduk yang terjadi sangat pesat. Dan bumi sebagai tempat tinggal tidak bertambah luas bahkan semakin sempit karena pemanasan global.

Gatot menyebut, diprediksi sekitar tahun 2043 semua penduduk di dunia bakal mencari pangan di negara-negara ekuator seperti di kawasan Amerika Latin, Asia Tengah dan Asia Tenggara. Salah satunya Indonesia yang dinilai subur dan memiliki sumber daya alam yang melimpah di antaranya air, pangan dan energi yang terbarukan.

“Inilah yang harus diantisipasi bangsa Indonesia karena kekayaan alamnya akan menjadi rebutan negara-negara asing. Jadi bangsa Indonesia harus siap menghadapi kenyataan ini karena salah satu negara di ekuator yang memiliki energi luar biasa besar,” ungkap Panglima TNI.

Usai acara Halal Bihalal, Panglima TNI melaksanakan peletakkan batu pertama renovasi Masjid An Nur. Ia juga meresmikan gedung Sekolah Tinggi Ilmu Kitab Kuning (STIKK).

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *