Satu Islam Untuk Semua

Monday, 28 April 2014

Menlu AS: Israel akan bergerak ke Arah Apartheid


foto: livemint.com

Kekeraskepalaan Israel hanya akan menjadikan negeri itu terjatuh pada praktek apartheid, kata Kerry.

 

PERNYATAAN sedikit tajam dilontarkan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry. Kepada media, ia  memperingatkan jika solusi dua arah untuk menyelesaikan konflik rezim Zionis Israel dan Palestina tidak bisa dicapai, ada kemungkinan Israel akan menjadi sebuah rezim Apartheid.

Dalam The Daily Beast seperti dilansir oleh Tasnim News (28/4), dalam pertemuannya dengan sejumlah pejabat tinggi negara pada Jumat (25/4), pejabat tinggi AS itu mengeluarkan pernyataan yang bernada protes  terhadap Israel. Ia mengungkapkan “kengeriannya” jika tidak ditemukan solusi penyelesaian ketegangan Israel-Palestina.

 “Apartheid adalah sebuah kata yang menjelaskan dengan tepat apa yang terjadi di Tepi Barat, yang tidak lain adalah nafsu segelintir orang Israel atas tanah Palestina,” ujarnya.

Banyak kalangan yang terkejut dengan pernyataan Kerry itu, sebab selama ini sangat jarang seorang petinggi AS menggunakan kata Apartheid untuk Israel. Bahkan  jauh sebelumnya Presiden AS Barack Obama bahkan  melarang penggunaan kata ini untuk mengaitkannya dengan Israel.

Tentu saja, pernyataan Kerry itu menuai protes para petinggi  negeri Zionis tersebut. Selain menyatakan soal itu, Kerry juga  menyebut bahwa tidak ada jalan lain bila rekonsiliasi bisa terwujud selain  mengganti kepemimpinan Israel dan Palestina untuk sebuah mencapai kesepakatan untuk perdamaian.

 

Sumber: Tasnim News

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *