Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 02 March 2019

Lima Keutamaan Jalan Kaki dan Salat Berjemaah ke Masjid


islamindonesia.id — Lima Keutamaan Jalan Kaki dan Salat Berjemaah ke Masjid

 

Banyak cara bisa ditempuh untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Salah satu yang tidak disangka-sangka adalah berjalan kaki menuju masjid untuk melaksanakan salat. Meski saat ini beragam jenis kendaraan bisa dengan cepat mengantarkan ke masjid, namun ada baiknya kita melakukan hal ini karena begitu banyak pahala dan keutamaannya.

Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis pernah melarang sahabatnya yang akan pindah dengan tujuan agar rumahnya lebih dekat dengan masjid. Rasul menyebutkan bahwa mereka harus tetap tinggal di rumah lama, pasalnya semakin jauh perjalanan ke masjid mereka tempuh, maka pahala yang tercatat adalah sebanyak jejak telapak kaki yang mereka langkahkan hingga mereka tiba di masjid. Selain keutamaan tersebut, masih banyak keutamaan lain yang bisa diraih kaum Muslimin yang berjalan kaki menuju masjid. Apa saja? Berikut ini 5 di antaranya.

Imbalan Cahaya di Hari Kiamat

Salah satu keutamaan yang akan didapatkan seseorang jika rajin berjalan menuju masjid untuk menunaikan salat berjamaah adalah mendapat cahaya pada hari kiamat kelak.  Terlebih jika pelaksanaanya saat salat Isya dan Subuh. Hal ini berdasarkan penjelasan HR Abu Daud dan Tirmidzi yang artinya: “Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang ‘berjalan’ di dalam kegelapan malam menuju masjid dengan cahaya yang akan diperolehnya pada Hari Kiamat.”

Imbalan Rumah di Surga

Keutamaan lainnya yang juga diperoleh dengan amalan ini adalah janji Allah akan membangunkan sebuah rumah di surga. Kita yang terjebak dalam rutinitas pekerjaan sehari-hari mungkin akan jarang berpikir tentang hal ini. Bahwa sebenarnya rumah yang kekal sebenarnya adalah di akhirat kelak, sementara dunia, hanya persinggahan sementara yang dilalui. Sehingga tidak adil jika kita hanya memperindah rumah kita di dunia, sementara sama sekali tidak memikirkan bagaimana rumah di akhirat nanti.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang berjalan menuju ke masjid (untuk salat) dan pulang setelahnya maka Allah akan menyediakan sebuah rumah di surga untuknya, baik ketika pergi maupun pulang.” (Shahih HR. Ahmad)

Satu Langkah Menghapus Satu Dosa

Cara sederhana ini ternyata memiliki keutamaan lain sebagai sarana menghapus dosa. Setiap satu langkahnya, Allah SWT menjanjikan penghapusan satu dosa. Selain itu, Allah juga akan mengangkat derajat mereka yang berjalan kaki ke masjid. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu pergi ke masjid untuk menunaikan salat yang telah Allah wajibkan kepadanya, maka setiap langkahnya menghapus satu dosa dan langkah yang satunya mengangkat satu tingkat derajatnya.” (HR.Muslim)

Ditinggikan Derajatnya

Coba perhatikan orang-orang yang rajin datang ke masjid untuk salat dengan berjalan kaki. Tidak bisa dimungkiri orang-orang ini selalu menjadi bagian penting dalam suatu sistem kemasyarakatan. Baik itu sebagai pengurus masjid, imam dan lain sebagainya.

Rasulullah SAW bersabda, “Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang dengannya Allah menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat?”  Para sahabat berkata, “Tentu, wahai Rasulullah”, Rasulullah SAW bersabda, “Menyempurnakan wudhu pada saat-saat yang tidak disukai (seperti di saat dingin), banyak melangkahkan kakinya menuju ke masjid, dan menunggu salat setelah salat, itulah yang namanya ribath (mencurahkan diri dalam ketaatan).” (HR. Muslim)

Dilipatgandakan Pahalanya

Keutamaan lainnya yang akan didapatkan dengan berjalan kaki menuju masjid adalah Allah SWT melipatgandakan pahala untuknya. Abu Musa berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,  “Sesungguhnya orang yang paling besar pahalanya di dalam salat adalah yang paling jauh berjalan menujunya. Maka orang yang paling jauh dan ‘orang yang menunggu salat sampai ia melaksanakannya bersama imam’ lebih besar pahalanya daripada orang yang salat kemudian tidur.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *