Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 26 March 2014

Menag: Sistem Pendidikan Agama Jangan Pincang


www.republika.co.id

Jangan mendikotomikan ilmu umum dan agama. Karena, itu membuat sistem pendidikan kita menjadi pincang. Demikian diungkapkan Menteri Agama Suryadharma Ali saat menghadiri wisuda mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al-Azhar Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (25/3).

Hal ini ia ungkapkan terkait dengan maraknya sistem pendidikan yang diterapkan di lembaga edukasi agama masih tergolong pincang. Padahal, Islam memandang ilmu pengetahuan sebagai satu kesatuan yang tidak membeda-bedakan suatu ilmu dengan ilmu lainnya.

 “Al Qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan yang komprehensif yang tidak membeda-bedakan ilmu pengetahuan,” ujar Menteri Agama Suryadharma Ali.

Karenanya, lanjut Menag, saat ini Kementerian Agama (Kemenag) berusaha melakukan pembenahan agar ke depan para sarjana Muslim mampu menjawab tantangan zaman. Yakni, salah satunya dengan cara terus berupaya meningkatkan status perguruan tinggi Islam, seperti dari sekolah tinggi menjadi institut, dan dari institut ke universitas.   

Dalam acara tersebut, Menag juga mengingatkan, agar lembaga pendidikan Islam mengoptimalkan kualitas. Sebab, menurutnya, dengan standar mutu yang baik, maka minat orang tua atau calon pelajar dan mahasiswa untuk menempuh studi di instutusi edukasi Islam juga meningkat. Apa lagi, dengan jumlah penduduk dan arus deras globalisasi yang terus meningkat.

 “Beberapa tahun terakhir, mahasiswa yang mendaftar melalui sistem penerimaan mahasiswa baru (SPMB) naik drastis. Ini pertanda perguruan tinggi Islam semakin diminati masyarakat,” ujar mantan Menkop dan UKM ini.

Untuk mengantisipasi hal itu, tutur Menag, harus dibarengi peningkatan kamampuan lembaga pendidikan Islam melayani mereka bukan saja pada bidang studi agama, tetapi juga program studi (prodi) lainnya.

“Kepercayaan ini tentu meningkatkan pemerataan akses yang menjadi salah satu pilar pembangunan pendidikan tinggi secara nasional,” ucap Menag.

 

Sumber: Kemenag.go.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *