Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 09 September 2014

Menyongsong Mobil Anti Tabrakan


Lexus LX 570 yang juga punya sistem radar.

Sebentar lagi, kemungkinan Anda tabrakan saat mengendarai mobil Toyota akan semakin kecil. Pasalnya, mobil-mobil Toyota akan segera dilengkapi tekhnologi anti tabrakan.

Mobil-mobil Toyota akan dipasangi kamera yang memonitor mata Anda dan memastikan tangan Anda tetap menempel di setir. Begitu mata Anda melirik sedikit saja ke luar jalan atau tangan Anda menjauh dari setir, mobil akan segera memberi peringatan.

Dalam sebuah briefing keselamatan di Ypsilanti, Michigan, general manager divisi mobil cerdas Toyota, Ken Koibuchi bilang, tekhnologi baru ini bak “pengemudi full time di kursi belakang”.

Toyota juga tengah mengembangkan sistem yang akan mengingatkan Anda jika jalur bebas hambatan yang tengah Anda tempuh akan segera berakhir atau sebuah gabungan trafik yang bisa menghantam mobil Anda segera.

Sebelum ini, beberapa perusahaan sudah membuat tekhnologi lane steering, yang memungkinkan mobil tetap berada di jalur jalan, dan system monitoring, yang mengawasi gerak-gerik pengemudi. Sayangnya, tekhnologi ini hanya ada pada mobil-mobil mewah.

Sejak sejak satu dekade lebih, Toyota memang berusaha menciptakan mobil yang dapat menyetir sendiri. Hanya saja, Toyota ingin pengemudi tetap ada, bukan seperti Google yang membayangkan sebuah mobil bergerak tanpa pengemudi.

Wakil Ketua Tekhnologi Keamanan Toyota, Seigo Kumuzaki menegaskannya, “Toyota tak akan membangun mobil tanpa pengemudi.” Karena, papar Kumuzaki, manusia masih diperlukan untuk menangani situasi yang tak bisa diantisipasi oleh kompter.

Toyota dan perusahaan-perusahaan mobil lainnya sudah memiliki tekhnologi kontrol jelajah yang diaktifkan lewat radar hingga memudahkan pengemudi menjaga jarak dari mobil-mobil lain atau menghentikan mobil tiba-tiba jika pengemudi tak jua bereaksi. Bahkan Toyota generasi baru akan punya sistem radar yang lebih sensitif hingga bisa memantau jarak lebih jauh dan bereaksi lebih cepat.

Toyota berjanji, pada 2017 nanti, tekhnologi anti-tabrakan akan dipasang di semua mobil produksinya di Amerika, baik mobil biasa atau mobil mewah. Saat ini, hanya Lexus dan enam model mobil Toyota lain yang punya tekhnologi canggih ini sebagai fitur pilihan.(Nisa/Japan Today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *