Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 03 July 2014

Abu Jahal dan Jin-pun Terpesona


Wikipedia English

Ketika Tilawat Al-Qur’an membuat manusia berhati batu terlena dan membuat Jin berhenti dari perjalannannya.

ISLAM INDONESIA- Sungguh keindahan dan ketinggian bahasa Al-Qur’an sebagai kalam Illahi tak mampu dipungkiri oleh siapa-pun. Baik bangsa manusia maupun jin tak dapat menolak secara serta merta.

Terkisah pada jaman Rasulullah; Walid Ibnu Mughirah, salah satu pembesar Quraysh yang mendapat kabar tentang ucapan Nabi Muhammad Saw yang menakjubkan. Kaum Quraysh berkata pada Walid,” Wahai Walid, pergilah anda dan temui Muhammad. Dan Kabarkan kepada kami tentang apa pendapat anda?!”

Walid pun bergegas pergi menemui Baginda Rasul. Ia berhasil menemui Baginda Rasul dan berkata, “ Wahai Muhammad! Bacakan Syairmu itu untukku! Baginda Rasul berkata, “ Bukan syair yang telah kuucapkan. Melainkan kalam Illahi yang diwahyukan kepada para Nabi”. Setelah itu Rasul pun membacakan sejumlah ayat sajadah. Dan ketika sampai pada surat Al-Fussilat ayat 13, tiba-tiba sekujur badan Walid bergetar dan bulu kuduknya berdiri. Walid pun mengambil seribu langkah mundur dan bergegas pulang. Kaum Quraysh sangat ketakutan dan menyangka Walid tersihir dan masuk Islam lantaran ayat yang dibacakan Baginda Rasul.

Kemudian hari, Walid pergi menemui Abu Jahal dan menceritakan perihal tersebut. Lalu Abu Jahal bertanya, ”Apakah itu Syair?”

Walid pun menjawab, “itu bukan syair”.

Abu Jahal kembali bertanya dengan penasaran, “ Khutbahkah?”.

Walid menjawab lagi, “ bukan. Jika khutbah tidak demikian. Bahwa yang aku dengar ini kalimat yang tidak bersambung satu sama lain akan tetapi tidak ada satupun yang luput. Kalimatnya begitu indah, menyejukkan, lembut dan belum pernah terdengar”. Abu Jahal makin bingung dan setengah menuntut jawaban Walid, “ Lalu kita bisa sebut dengan apa?” Walid sudah buntu jawaban dan berkata, “ Tunggu dulu, kita pikirkan bersama”. Hingga di kemudian hari, Walid pun memutuskan jawaban finalnya dan mengatakan apa yang dibaca Baginda Rasul adalah sihir belaka. Akhirnya mereka pun sepakat untuk memberitakan kepada masyarakat tentang ucapan Nabi sebagai sihir yang tak mampu mereka tolak jika mendengarnya.

Satu kisah lagi yang membuktikan bahwa Al-Qur’an itu kalam Illahi dan mukjizat bagi Nabi Muhammad Saw. Suatu ketika romongan jin yang dalam perjalanan mendengar suara tilawat Al-Quran yang dilantunkan Rasulullah Saw. Lalu pemimpin rombongan pun mengajak mereka berhenti dan mencari tahu asal suara indah itu. Ternyata lantunan itu adalah lantunan Al-Qur’an Al-Karim. Setelah beberapa lama mereka duduk untuk mendengarkan. Mereka pun mengungkapkan ketakjuban mereka terhadap keindahan Al-Qur’an. Dalam Surat Jin ayat pertama Allah berfirman; Katakanlah (hai Muhammad), “Telah diwahyukan kepadaku bahwasanya sekumpulan jin telah mendengarkan (Al-Qur’an), lalu mereka berkata, ‘Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al-Qur’an yang menakjubkan.

Oleh karena itu pantaslah kita yakini Al-Qur’an itu benar-benar firman Allah Swt dan mukjizat yang diberikan kepada Rasulullah Saw. Jika kita membacanya In Shaa Allah akan menjadi peneduh dan menghidupkan hati kita. Jadikan Bulan Suci Ramadhan ini, adalah momen untuk memperkiat tilawat Al-Qur’an.Semoga Sukses dunia-akhirat. Amien…. [Asri]

Sumber: Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *