Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 01 August 2013

Lon Snowden : ” Edward, Ayah Harap Kamu Baik-Baik Saja…”


Setelah hampir dua bulan tak berhubungan dengan sang anak, Lon Snowden  Rabu (31/7) muncul di sebuah stasiun televisi Rusia. Ayah dari  orang yang paling diincar intelijen AS saat ini berpesan pada sang anak (Edward Snowden)  untuk tak merisaukan keluarganya di AS. Secara pribadi Lon Snowden tidak masalah kalau Edward harus tinggal di Rusia .

“Edward, saya harap kamu menyaksikan ini. Keluargamu baik-baik saja. Kami menyayangimu. Kami berharap kamu sehat, kami harap kamu baik-baik saja, ayah harap bisa segera bertemu denganmu, tapi yang paling ayah inginkan adalah kamu aman. Ayah ingin kamu mendapat tempat yang aman,” demikian pesan Lon Snowden dalam  sebuah wawancara dengan Rossiya24, sebuah saluran televisi nasional di Rusia.

Hingga kini, Edward Snowden masih tertahan di bandara Sheremetyevo luar kota Moskow. Ketika pertama kali datang ke Rusia pada 23 Juni, ia  baru saja mendarat dari Hongkong  usai membocorkan informasi program mata-mata AS. Sudah sebulan lebih terdampar di luar kota Moskow, Edward Snowden kini tengah  menunggu kepastian tentang permohonan suaka sementaranya di Rusia. Sementara itu lewat berbagai jalur diplomatic, AS menekan Rusia untuk memulangkan mantan kontraktor Dewan Keamanan Nasional (NSA) tersebut. Alasannya Snowden harus menjalani pengadilan atas kejahatannya.

Selain mmberikan kabar soal keluarganya, Lon Snowden juga menyatakan ia sangat berharap suatu hari sang anak bisa kembali ke AS. Namun karena tidak ada jaminan pengadilan akan berlangsung jujur di AS, Lon menyatakan setuju jika Edward harus bertahan sementara di Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *