Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 31 January 2015

Wajah Islam Indonesia Otentik, Kata Ulama NU


KH Mustofa Bisri.

Muslimin Indonesia yang menetap di Eropa punya peluang  memperkenalkan wajah Islam yang toleran dan cinta damai, kata seorang ulama Nahdhatul Ulama, mengklaim Islam yang tumbuh di Indonesia ‘otentik’ sebab mewarisi saripati ajaran Rasul.

“Kalau Nabi bersabda, ‘alaykum bis-sawadil-a’zham (ikutilah mayoritas ulama yang agung), maka siapa lagi yang dimaksudkan jika bukan ulama pendukung Islam Nusantara?” kata KH Mustofa Bisri saat bertemu pengurus Nahdatul Ulama kawasan Eropa dan Mediterania pekan lalu.

Menurut Mustofa, wajah teduh Islam di masa awal perkembangannya di Nusantara kerap tenggelam oleh suara kelompok radikal yang datang belakangan lantaran Muslimin jarang mempertontonkan keagungan ajaran Rasulullah saw.

“Kalau dulu ada ungkapan al-Islam mahjubun bil-muslimin (agama Islam dikaburkan oleh pemeluknya sendiri), yang kini terjadi adalah al-Islam mardudun bil-muslimin (agama Islam diingkari oleh pemeluknya sendiri),” katanya seperti dilansir NUOnline.

Laporan tak menyebutkan dasar klaim Mustofa dan perbandingannya dengan Islam di negara lain yang juga membawa payung keteduhan dan toleransi. 

 

(Muhammad/Islam Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *