Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 29 May 2012

Pakar Keuangan Syariah Dunia Ngumpul di Bandung


Kota Bandung menjadi tuan rumah “Simposium Internasional Fiqh Keuangan Syariah”. Acara diikuti sejumlah perwakilan pakar dan pelaku bisnis keuangan syariah di Asia, Eropa dan juga Amerika Serikat.

Simpoisuum yang digelar 28 sampai dengan 30 Mei 2012 itu bertemakan ‘Fiqh Antar Bangsa dalam Keuangan Islam’. Panitia juga menggelar pertemuan pembiayaan dan investasi keuangan syariah Bandung. Acara dibuka Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, pada Senin.

Kegiatan yang diikuti sekitar 300 peserta itu menampilkan pembicara pakar dan pelaku bisnis perbankan syariah. “Kegiatan simposium internasional fiqh keuangan syariah ini strategis sehingga diharapkan menjadi salah satu kunci yang menentukan dari perkembangan lembaga keuangan syariah di Asia Tenggara,” kata Gubernur Jabar.

Tema “peranan fiqh Islam dalam perkembangan keuangan syariah global” mengawali bahasan yang menghadirkan pembicara Sheikh Mohamed Nizham Yaqubi (Bahrain), Sheikd Mohamed Abdurahman Rahim, Sheikh Essam Ishak (Bahrain), Momamad Daud Bakar, HM Anwar Ibrahim (MUI/Indonesia).

Sesi pertama membahas standar syariah dalam keuangan Islam, isu-isu syariah dalam sektor keuangan, produk dan instrumen terkini, sukuk dan instrumen derivatif dan juga mengupas takaful dan retakaful. Sedangkan, sesi dua membahas muqasid syariah dalam keuangan syariah dan fleksibilitas fikih Islam.

Isu lainnya adalah muqasid syariah sebagai dasar keadilan dalam keuangan Islam, distribusi dan perputaran harta dalam keuangan Islam, mekanisme penerapan muqasid syariah untuk produk keuangan Islam serta tantangan fleksibilitas dalam pelaksanaan produk keuangan Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *