Satu Islam Untuk Semua

Friday, 14 February 2014

Presiden Iran Rouhani Sumbang 170 RIbu Dollar untuk RS Yahudi


guardian

Presiden Iran Hassan Rouhani telah menyumbangkan dana sebesar US$170 ribu kepada satu-satunya rumah sakit Yahudi di negara itu. 

Ini merupakan donasi kedua yang diberikan Rouhani kepada rumah sakit itu sejak dilantik sebagai Presiden Iran.

Kantor berita Iran IRNA, Kamis (6/2), melaporkan bahwa Rouhani menyumbangkan uang dengan jumlah yang sama seperti yang dilakukannya setahun sebelumnya untuk Rumah Sakit Dr Sapir yang didirikan pada 1942 di Teheran.

Donasi itu merupakan bagian dari upaya Rouhani untuk mendekatkan diri dengan kelompok minoritas di negara itu.

Warga Yahudi di Iran berjumlah sekitar 25 ribu orang. Itu menjadikan Iran memiliki komunitas Yahudi terbesar di Timur Tengah setelah Israel

Sikap Roani kepada Yahudi sangat berbeda presiden Iran terdahulu, Ahmadinejad yang sering memicu konflik dengan Israel. Iran menganggap Israel adalah musuh bebuyutan mereka, dan tidak pernah mengaggapnya sebagai sebuah negara diakui. 

” Kita dapat melihat dengan jelas bahwa Rouhani sedang mencoba untuk mengambil jarak dari kebijakan – penyangkalan Holocaust Ahmadinejad , ” kata Farshad Ghorbanpour , seorang analis politik yang dekat dengan pemerintah .

Beberapa menafsirkan pendekatan lembut Mr Rouhani terhadap Israel sebagai perubahan kebijakan , menunjuk ke beberapa pertemuan Timur Tengah yang kedua negara mengirimkan wakilnya , meskipun Iran tidak mengakui Israel secara resmi .

Selama Konferensi Keamanan Munich Sabtu lalu , Menteri Luar Negeri Iran , Mohammad Javad Zarif , memberikan wawancara di mana ia dilaporkan telah mengatakan bahwa Iran dapat mempertimbangkan untuk mengakui Israel suatu hari nanti .

” Setelah masalah dengan Palestina teratasi , kondisi yang akan memungkinkan adalah pengakuan terhadap Negara Israel akan dibentuk , ” katanya seperti dikutip stasiun televisi Jerman , Phoenix .

Dalam pidato terpisah di konferensi tersebut, Mr Zarif mengatakan Holocaust itu ” tragis kejam dan tidak boleh terjadi lagi . “

Meir Javendafar , orang Iran – Israel yang mengajar politik Iran di Interdisciplinary Center di Herzliya , Israel , mengatakan gerakan Mr Rouhani adalah ” langka selama bertahun-tahun terakhir.” Pernyataan Mr Zarif tentang keputusan Iran mengenai hubungan dengan Israel dalam hal tersebut digambarkan Meir dapat  menyelesaikan kesepakatan damai dengan Palestina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *