Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 06 October 2019

Keunikan Nada dan Langgam Alquran


Islamindonesia.id-Keunikan Nada dan Langgam Alquran

Sebelum seseorang terpesona dengan keunikan atau kemukjizatan pesan kandungan Alquran terlebih dahulu, dia akan terpukau oleh beberapa hal yang berkaitan dengan susunan kata dan kalimatnya, antara lain, menyangkut nada dan  langgamnya.

Jika Anda mendengar ayat-ayat Alquran, hal pertama yang terasa di telinga adalah nada dan langgam nya. Ayat-ayat Alquran – walau bagaimanapun ditegaskan-Nya – bukan syair atau puisi, terasa dan terdengar mempunyai keunikan dalam irama dan ritmenya.

Cendekiawan Inggris Marmaduke Pickthall dalam The Meaning of Glorious Qur’an menulis,

“Alquran mempunyai simfoni yang tidak ada taranya di mana setiap nada-nadanya bisa menggerakkan manusia untuk menangis dan bersukacita.”

 Hal ini disebabkan oleh huruf dari kata-kata yang diperoleh melahirkan keserasian bunyi dan kemudian kumpulan kata itu melahirkan pula keserasian irama dalam rangkaian kalimat ayat-ayatnya. Bacalah misalnya surat an-Naziat ayat 1 sampai 14.

وَالنَّازِعَاتِ غَرْقًا

وَالنَّاشِطَاتِ نَشْطًا

وَالسَّابِحَاتِ سَبْحًا

فَالسَّابِقَاتِ سَبْقًا

فَالْمُدَبِّرَاتِ أَمْرًا

Kemudian begitu pendengaran mulai terbiasa dengan nada dan langgam ini, Alquran mengubah nada dan langgam nya. Dengarkan lanjutan ayat ayat tersebut:

يَوْمَ تَرْجُفُ الرَّاجِفَةُۙ

تَتْبَعُهَا الرَّادِفَةُ ۗ

قُلُوْبٌ يَّوْمَىِٕذٍ وَّاجِفَةٌۙ

اَبْصَارُهَا خَاشِعَةٌ ۘ

يَقُوْلُوْنَ ءَاِنَّا لَمَرْدُوْدُوْنَ فِى الْحَافِرَةِۗ

ءَاِذَا كُنَّا عِظَامًا نَّخِرَةً ۗ

قَالُوْا تِلْكَ اِذًا كَرَّةٌ خَاسِرَةٌ ۘ

فَاِنَّمَا هِيَ زَجْرَةٌ وَّاحِدَةٌۙ

فَاِذَا هُمْ بِالسَّاهِرَةِۗ

 Setelah itu dilanjutkan dengan mengubah nada dan langgamnya hingga surah ini berakhir. Pembahasan ini akan lebih menarik jika dihubungkan dengan hasil penelitian para pakar menyangkut dampak psikologis dari nada dan langgam ini terhadap pendengarnya. Hanya saja pembahasan ini akan diuraikan pada laman lainnya. []

YS/islamindonesia/Disarikan dari buku Mukjizat Al-Qur’an (2013)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *