Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 21 June 2017

Seoul Central Mosque, Masjid Bersejarah di Korea Selatan  


Seoul Central Mosque, Masjid Bersejarah di Korea Selatan

islamindonesia.id – Seoul Central Mosque, Masjid Bersejarah di Korea Selatan

 

Tak salah jika dikatakan bahwa saat ini Korea Selatan semakin ramah terhadap masyarakat Muslim. Salah satunya karena, banyak tempat wisata Islami yang bisa disambangi dan makanan halal yang bisa disantap ketika liburan ke Negeri Ginseng itu.

Di antara tempat wisata Islami, adalah beberapa mesjid di Korsel yang diketahui memiliki nilai sejarah, khususnya untuk perkembangan Islam di negara tersebut.

Salah satu mesjid ternama di Korsel yang kerap dikunjungi para wisatawan adalah Seoul Central Mosque. Bangunan yang berdiri pada 1976 di Ibu Kota Korsel itu menjadi salah satu destinasi wisata Muslim yang sayang jika dilewatkan.

Masjid Seoul Central terletak di distrik Yongsan. Bangunan itu hadir berkat izin dari mantan Presiden Korsel Park Chung Hee. Ketika itu, sang presiden mewakafkan sebidang tanah untuk komunitas Muslim di Korsel. Dirinya iba karena melihat ribuan Muslim Korsel beribadah dalam ruang sederhana.

Kehadiran Masjid Seoul Central juga tak lepas dari peran beberapa negara di Timur Tengah yang mengucurkan dana untuk pembangunan rumah ibadah tersebut. Pembukaan masjid ini pun kemudian diikuti dengan pembangunan masjid lainnya.

Namun tetap saja Masjid Seoul Central menjadi yang termegah dan termewah di kawasan tersebut. Pasalnya, selain dijadikan sebagai tempat ibadah, bangunan itu juga menjadi lokasi dakwah dan perjalanan sejarah Islam di Korsel.

Masjid ini juga terkenal dengan desain khas Islam. Menara-menara besar di gedung dan kaligrafi Arab terukir di dekat pintu masuknya. Sementara beberapa sisi di bagian luar, juga menggunakan gaya khas bangunan di Korsel.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *