Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 12 May 2018

Siapkan Tubuh Menjelang Awal Puasa


Siapkan Tubuh Menjelang Awal Puasa

islamindonesia.id – Siapkan Tubuh Menjelang Awal Puasa

 

Tak lama lagi kaum Muslimin di Indonesia bakal memasuki bulan puasa, bulan suci Ramadan. Apa saja yang mesti dipersiapkan agar puasa tahun ini lebih maksimal? Tak ada salahnya untuk membuat persiapan yang lebih matang, khususnya dalam mempersiapkan tubuh. Saat tubuh sudah dipersiapkan dengan lebih baik, puasa akan terasa lebih nyaman dan melakukan berbagai ibadah pun jadi bisa lebih khusyuk.

Bagi yang belum tahu, berikut lima tips sederhana agar puasa di 2018 ini bisa lebih maksimal dari tahun sebelumnya.

  1. Melatih diri untuk puasa.

Kita bisa mulai membiasakan diri untuk puasa. Contohnya dengan melakukan puasa sunnah Senin-Kamis. Selain bisa nambah pahala, dengan cara ini tubuh pun bakal lebih mudah beradaptasi nantinya ketika puasa sebulan penuh.

  1. Kurangi kebiasaan ngemil.

Bagi mereka yang gemar ngemil, menahan godaan ngemil memang tak mudah. Tapi ini saatnya untuk lebih mengontrol diri. Agar di bulan Ramadan bisa lebih maksimal menjalankan puasa, menjaga pola makan bisa jadi langkah awalnya. Agar puasa 2018 bisa terasa lebih mudah, ada baiknya dari sekarang mulai membatasi porsi makan.

  1. Jalani rutinitas harian dengan lebih semangat.

Puasa bukan halangan untuk beraktivitas. Malah, puasa bisa memberi semangat baru untuk menjalani rutinitas dengan lebih semangat lagi. Sebelum memasuki bulan Ramadan, yuk lebih semangat lagi jalani rutinitas. Atur lagi jadwal harian dengan kegiatan-kegiatan produktif agar bisa tetap terbiasa hingga akhir Ramadan 2018 ini.

  1. Perbanyak minum air putih dan konsumsi buah serta sayur.

Puasa bisa membuat tubuh sehat bila dilakukan dengan benar. Untuk menambah manfaat puasa untuk kesehatan, kita juga perlu memastikan apa yang kita konsumsi sehat dan bernutrisi. Cobalah dari sekarang perbanyak minum air putih dan perbanyak konsumsi buah dan sayur sehat. Dengan cara ini, tubuh bisa lebih fit dan siap untuk puasa.

  1. Mulai biasakan bangun lebih pagi.

Supaya sahur selama puasa 2018 nanti bisa lancar, saatnya untuk mulai membiasakan diri bangun lebih pagi. Atur kembali jam tidur. Meski mungkin awalnya terasa berat, tapi kalau sudah bisa mulai dibiasakan dari sekarang, nanti ketika masuk bulan Ramadan pastinya akan terasa lebih mudah.

Nah, itulah beberapa tips mudah yang bisa dicoba dari sekarang untuk menyambut Ramadan 2018. Mulai dari hal-hal yang sederhana dulu, nanti kalau sudah terbiasa pasti akan terasa lebih ringan.

Semoga puasa 2018 kali ini bisa lebih lancar dan maksimal dari tahun-tahun sebelumnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *