Satu Islam Untuk Semua

Monday, 30 December 2013

The Mystery Of Historical Jesus: Misteri Sejarah Sang Mesias


Sang Mesias! Sosok religius ini dikenal dalam beberapa nama oleh berbagai agama besar di dunia, dan juga diyakini dalam keyakinan yang beragam pula. Isa Almasih, bagi umat Muslim, dan Yesus Kristus, bagi umat Kristiani, telah menjadi enigma spiritualitas yang tak pernah habisnya dibahas dan diperdebatkan selama 2000 tahun lamanya, sampai detik ini. Kelahirannya, kenabiannya, hingga kematian dan kebangkitannya menjadi peristiwa luar biasa yang terekam dalam manuskrip dan tulisan kitab suci.

Diskursus tentang Sang Mesias bahkan telah menyentuh pada ranah pop kultur. Sebut saja, film-film seperti Passion of the Christ karya Mel Gibson yang menjadi begitu kontroversial ketika sosok rabbi menjadi pihak paling bersalah dan keji dengan menghasut petinggi Romawi untuk menyalib si pria dari Nazareth. Bahkan sebuah novel dahsyat berjudul Da Vinci Code karya Dan Brown menggemparkan dunia dengan kisah konspirasi yang begitu menegangkan dan menyeret-nyeret perdebatan apakah Yesus Kristus memiliki keturunan.

Ikut memperkaya khazanah diskursus tentang Sang Mesias, Louay Fatoohi cendekiawan Muslim Inggris dan pengajar di Durham University, menulis dan menerbitkan karyanya yang berjudul The Mystery of Historical Jesus. Karya ini hadir dengan memberikan perspektif baru dan segar tentang Sang Mesias, yang tak akan pernah ada habis dan bosannya dibahas oleh pemerhati teologi dan Sang Mesias itu sendiri.

Loauy menawarkan sebuah kajian yang menempatkan sumber-sumber sejarah tentang Sang Mesias secara berimbang. Buku ini mengisi kekosongan dalam literatur tentang Yesus historis yang secara adil mempertimbangkan Al Quran, Alkitab, dan sumber-sumber religius dan historis lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *