Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 24 September 2016

KISAH—Berkah Tamu Untuk Rumahmu


berkah-tamu-untuk-rumahmu

IslamIndonesia.id—Berkah Tamu Untuk Rumahmu

 

Setiap Muslim yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir sudah pasti akan mengimani wajibnya memuliakan tamu sehingga ia akan menempatkannya sesuai dengan kedudukannya. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari)

Lalu bagaimana halnya perlakuan kita dan keluarga kita selama terhadap para tamu yang dating ke rumah kita? Apakah keluarga kita tergolong mereka yang senang terhadap kehadiran para tamu, atau justru sebaliknya?

Tahukah kita, apa gerangan hikmah di balik anjuran Rasulullah agar kita memuliakan tamu?

Simak kisah singkat berikut ini.

Diriwayatkan ada seorang pria yang senang jika rumahnya sering didatangi tamu. Namun istrinya menunjukkan sikap sebaliknya. Setiap kali si suami membawa tamu ke rumah, istrinya menunjukkan sikap yang tidak baik. Orang itu pun mengeluhkan kondisi istrinya ini kepada Rasulullah.

Mendengar itu, Rasulullah bersabda, “Katakan kepada istrimu, ‘hari ini Rasulullah dan beberapa orang sahabatnya akan bertamu ke rumah kita.’”

Rasulullah berpesan kepada orang itu, “Katakan juga kepada istrimu agar dia mengawasi tamu-tamu itu pada saat mereka keluar dari rumah kalian.”

Istri laki-laki itu pun melakukan apa yang diperintahkan Rasulullah. Pada saat tamu masuk, ia melihat mereka membawa daging dan buah-buahan yang banyak dan pada saat keluar, tampak dalam penglihatannya mereka membawa keluar ular dan kalajengking yang begitu banyak.

Rasulullah bersabda, “Kedatangan tamu ke rumah mendatangkan karunia yang banyak ke dalam rumah dan pada saat pergi, mereka membawa keluar berbagai bencana.”

Dengan menyaksikan hal itu, wanita itu pun berubah menjadi orang yang suka menerima tamu.

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya seorang tamu yang datang mengunjungi seseorang, membawa rezeki untuk orang tersebut dari langit. Ketika memakan sesuatu, Allah akan mengampuni penghuni rumah yang dikunjungi tersebut.”

Dalam kesempatan lain, Rasulullah bersabda, “Setiap rumah yang tidak dikunjungi tamu, maka malaikat pun tidak akan sudi mengunjungi rumah tersebut.”

Senada, salah seorang cucu Rasulullah yang bernama Ja’far ash-Shadiq berkata, “Barangsiapa mengunjungi sahabatnya semata-mata karena Allah, niscaya Allah  mengutus 70 ribu malaikat untuk menyertainya. Para malaikat itu berkata, ‘Surga untuk kamu.’”

Dari sekelumit kisah di atas, kita paham bahwa betapa beruntungnya rumah-rumah yang sering didatangi tamu. Maka dari itu janganlah mengeluh jika rumah kita kedatangan tamu.

 

EH/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *