Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 27 June 2015

KISAH – Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan


Masjid Sheikh Zayed

Di akhir bulan Syaban, kala bulan Ramadhan menghampiri, Rasulullah saw sekali waktu berbicara tentang keutamaan bulan mulia ini di hadapan para sahabatnya. Khutbahnya membuat para sahabat terkesima.

“Wahai manusia! Bulan Allah yang penuh dengan Rahmat dan Ampunan telah menyongsong kalian. Suatu bulan yang merupakan bulan terbaik di antara seluruh bulan dihadapan Allah,” kata Rasulullah.

“Hari-harinya merupakan hari-hari terbaik, malam-malamnya merupakan malam-malam terbaik, dan waktunya merupakan waktu-waktu terbaik.” 

“Ramadhan adalah waktu di mana kalian diundang oleh Allah untuk menghadiri suatu pesta dan kalian terpilih untuk menerima anugrah khusus ini. Tarikan napas kalian bernilai tasbih, sedangkan tidur kalian bernilai ibadah. Dalam bulan ini, amal-amal kalian diterima dan doa-doa kalian dikabulkan.”

Di akhir khutbah panjangnya, sahabat Sayyidina Ali bin Abi Thalib bertanya, “Ya Rasulullah, lantas perbuatan apakah yang terbaik di bulan Ramadhan ini?”

“Wahai Ali, perbuatan yang paling utama dalam bulan ini adalah berbuat amal saleh dan menjauhkan diri dari segala perbuatan yang dilarang Allah.”

MA/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *