Satu Islam Untuk Semua

Monday, 27 November 2023

Doa Agar Terhindar dari Pikiran Kotor dan Akhlak Tercela


islamindonesia.id – Sebagai Muslim kita meyakini bahwa doa adalah senjata orang-orang beriman. Kita juga percaya bahwa baanyak hal yang bisa menjauhkan kita dari perbuatan dosa. Satu di antaranya adalah dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Bermacam perbuatan dosa bisa kapan saja dilakukan oleh setiap manusia, seperti memiliki pikiran kotor dalam berbagai situasi dan kondisi. Padahal kita dianjurkan untuk senantiasa menjaga pikiran dari hal-hal yang tidak baik dan kotor karena hanya akan merugikan diri sendiri.

Adanya pikiran-pikiran kotor tentu tidak baik bagi manusia. Hal ini juga memengaruhi hati serta perilaku penyandangnya. Berbagai perilaku kurang baik atau akhlak tercela biasanya berawal dari pikiran yang kurang baik pula.

Namun demikian, kita juga yakin bahwa dengan berserah diri dan memanjatkan doa kepada Allah SWT, berbagai hal buruk bisa kita hindari saat menjalani kehidupan ini.

Berikut bacaan doa untuk menghilangkan pikiran kotor dan akhlak tercela yang bisa kita amalkan kapan saja.

Doa Terlindung dari Keburukan Akhlak, Amal, dan Hawa Nafsu

Doa pertama adalah doa agar terlindung dari keburukan akhlak, amal, serta hawa nafsu. Dengan terhindar dari hal tersebut maka kita bisa melakukan amalan-amalan sesuai perintah Allah SWT dan bisa mengendalikan hawa nafsu dengan baik.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ziyad bin ‘Illaqah dari pamannya, Quthbah bin Malik, ia berkata bahwa Nabi Muhammad s.a.w berdoa yang bacaannya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ ، وَالأَعْمَالِ ، وَالأَهْوَاءِ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari akhlak, amal, dan hawa nafsu yang jelek.”

Doa Takwa dan Kesucian Jiwa

Doa menghilangkan pikiran kotor yang selanjutnya adalah berdoa memohon ketakwaan dan kesucian jiwa.

Dengan memiliki ketakwaan dan jiwa yang suci, diri kita akan dijauhkan dari hal-hal negatif, termasuk dari pikiran kotor.

Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad s.a.w, yang terdapat dalam hadis dan diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut:

اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَن زَكَّاهَا، أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا

“Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku ketakwaaan jiwa, dan sucikanlah ia karena Engkaulah sebaik-baik Rabb yang menyucikannya, Engkau Pelindung dan Pemeliharanya.”

Doa Mohon Perlindungan dari Kejahatan Diri, Setan, dan Bala Tentaranya

Pikiran kotor bisa datang dari mana saja. Baik itu dari diri sendiri, setan yang ada di sekeliling kita, serta bala tentaranya.

Oleh karena itu, agar terhindar dari bisikan setan tersebut, Islam kita diajarkan agar selalu berzikir dan berdoa kepada Allah SWT.

Nah, berikut adalah bacaan doa mohon perlindungan dari kejahatan diri, setan, dan balatentaranya yang bisa diamalkan:

اللَّهُمَّ عاَلِمَ الغَيْبِ والشَّهَادَةِ ، فَاطِرَ السَّمواتِ والأَرْضِ ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إلَهَ إلَّا أَنْتَ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ

“Ya Allah, Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, wahai Rabb pencipta langit dan bumi, Rabb segala sesuatu dan yang merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah dengan benar kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, setan dan balatentaranya.”

EH/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *