Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 22 June 2016

AMALAN–Lima Belas Wasiat bagi Pembaca Al-Qur’an


15-wasiat-bagi-pembaca-alqur'an

IslamIndonesia.id–Lima Belas Wasiat bagi Pembaca Al-Qur’an

1. Jangan jadikan membaca Al-Qur’an pada waktu lowong Anda. Namun, jadikanlah membaca Al-Qur’an pada waktu khusus yang tidak diganggu oleh siapa pun.

2. Sebelum membaca Al-Qur’an, perbaruilah wudhu Anda, hadapkan wajah Anda ke kiblat, dan mulailah dengan membaca ta’awudz dan basmalah. Dengan demikian Anda memperoleh keutamaan Al-Qur’an.

3. Jangan tinggikan suara bacaan Anda sehingga cepat lelah dan kehabisan nafas. Juga jangan terlalu merendahkan suara Anda sehingga menimbulkan kantuk. Bacalah Al-Qur’an tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.

4. Al-Qur’an memiliki kehormatan. Barangsiapa mengagungkan Al-Qur’an di hatinya, maka Allah Swt akan meninggikan derajatnya di sisi manusia. Jangan berbicara dengan siapa pun di sela-sela Anda membaca Al-Qur’an.

5. Orang-orang soleh ketika membaca Al-Qur’an tidak memotongnya dengan berbicara kecuali telah selesai satu surah. Ini salah satu etika bersama Kalam Allah.

6. Jika Anda telah mulai membaca Al-Qur’an, maka janganlah menoleh kepada siapa pun. Jika seseorang ingin berbicara dengan Anda, maka berilah isyarat dan peringatan sebagai bentuk pengagungan kepada Kitab suci Allah.

7. Jika Anda memang harus memotong bacaan Anda dengan berbicara kepada orang lain, maka jangan segera menjawabnya. Namun biarkan dia menunggu Anda sehingga Anda berhenti pada ujung ayat di tempat berhenti yang sesuai.

8. Wajib bagi Anda membaca Al-Qur’an dengan menggerakkan lidah. Membaca Al-Qur’an dengan mata tidaklah dianggap sebagai pembaca Al-Qur’an.

9. Di antara bentuk tidak hormatnya Anda terhadap Kalam Allah ialah Anda membaca ayat sambil bermain Twitter, Facebook, Telegram, bersalaman dan seterusnya.

10. Pergilah ke masjid yang jauh sehingga tidak ada orang lain yang mengenali Anda. Atau pergilah ke ruangan khusus untuk menyendiri agar mendapatkan kenikmatan bacaan dan perenungan ayat-ayatnya.

11. Seburuk-buruk teman dalam membaca Al-Qur’an adalah telepon genggam Anda. Maka tinggalkanlah di rumah, mobil, laci dan tempat lainnya agar Anda dapat membacanya sendiri tanpa gangguan setan.

12. Di tengah-tengah bacaan Anda akan menemukan ayat-ayat tentang rahmat dan janji. Berhentilah untuk mengangkat tangan seraya berdoa kepada Allah Swt atas karunia-Nya sehingga membekas di hati Anda.

13. Jika Anda terbata-bata dan merasa tidak bagus suaranya, maka pahala Anda bernilai ganda. Bawalah rekaman suara di telepon genggam Anda dan ikutilah.

14. Selesaikanlah bacaan Anda pada akhir surah secara sempurna dan lebih utama mengakhirinya pada akhir juz.

15. Jangan lewatkan diri Anda merenungkan ayat-ayatnya sejenak. Jika memungkinkan bacalah berulang-ulang pada ayat-ayat tertentu agar meresap di sanubari Anda.

Semoga Allah menerima amal-amal kita semua.

 

Tom/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *