Satu Islam Untuk Semua

Monday, 07 May 2018

Adab Sambut Ramadhan Menurut Syeikh Abdul Qadir Jailani


Adab Sambut Ramadhan Menurut Syeikh Abdul Qadir Jailani

islamindonesia.id – Adab Sambut Ramadhan Menurut Syeikh Abdul Qadir Jailani

 

Dalam beberapa hari ke depan, Ramadhan bakal hadir kembali menyapa kita. Tentu, kita patut menyambutnya dengan penuh kegembiraan.

Saat menjalani bulan Sya’ban, umat Islam dianjurkan untuk melakukan sejumlah amal, salah satunya memperbanyak shalawat. Sebab, Sya’ban sendiri dikenal sebagai bulan Rasulullah SAW.

Sementara menyambut Ramadhan, kita dianjurkan untuk bertobat dan meninggalkan perbuatan dosa. Hal ini seperti diterangkan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam kitab Al Ghuniyah.

“Rasulullah bersabda, ‘Siapa saja yang bershalawat sekali untukku, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.’ Oleh karena itu, seorang Mukmin yang pandai tidak abai pada bulan ini (Sya’ban). Bahkan ia harus mempersiapkan diri pada bulan ini untuk menyambut bulan Ramadhan dengan bersuci dari dosa dan bertobat atas kebaikan yang luput pada hari-hari yang lewat. Ia seyogianya tunduk kepada Allah di bulan Sya’ban dan bertawasul melalui Rasulullah, pemilik bulan Sya’ban sehingga ia dapat memperbaiki kerusakan batinnya dan mengobati sakit secara rohani tanpa menunda dan menangguhkan sampai besok.”

Menurut Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, pertobatan harus dilakukan sesegera mungkin, tidak boleh ditunda-tunda. Waktu yang ada harus diisi dengan berbagai kebaikan.

Di samping itu, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Juga tidak ada yang bisa menjamin kita tetap hidup esok hari atau tidak.

“Hari-hari hanya tiga. Kemarin adalah waktu yang sudah selesai. Hari ini adalah waktu beramal. Esok adalah angan-angan. Kau tidak tahu apakah kau akan mengalami esok hari atau tidak? Kemarin adalah nasihat. Hari ini adalah ghanimah (amal kebaikan). Besok adalah pertaruhan.”

Itulah di antara persiapan yang dianjurkan oleh Syekh Abdul Qadir dalam menyambut bulan Ramadhan. Persiapan ini diharapkan dapat membimbing kaum Muslimin terkait adab menyongsong bulan suci tersebut.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *