Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 27 June 2017

Ramadhan Berlalu Lebaran Tiba, Apa Kabar Takwa?


Ramadhan Berlalu Lebaran Tiba, Apa Kabar Takwa

islamindonesia.id – Ramadhan Berlalu Lebaran Tiba, Apa Kabar Takwa?

 

Ramadhan berlalu seiring tibanya Lebaran. Dan kita semua tahu bahwa tujuan utama dari puasa sebulan sebagaimana disampaikan dalam Al-Qur’an adalah demi meraih predikat takwa. Apakah yang dimaksud takwa? Dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 26 Allah SWT berfirman: “Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik.”

Perumpamaan takwa dengan pakaian adalah perumpamaan yang menyimpan banyak pelajaran berharga. Sebagaimana pakaian yang menjaga dari panas dan dingin, menghindarkan dari banyak bahaya, menutupi aib tubuh dan sekaligus menjadi penghias diri kita. Begitu pula halnya dengan takwa, yang menutupi aib manusia, menghindarkan mereka dari banyak bahaya personal maupun lingkungan dan menjadi hiasan terindah bagi jiwa mereka. Sebuah hiasan yang menaikkan derajat mereka hingga menambah kewibawaan dan keelokan.

Sementara dalam buku-buku tafsir, akan kita temukan banyak penafsiran yang berbeda tentang makna “pakaian ketakwaan”.  Apa saja?

  1. Amal saleh.
  2. Rasa malu.
  3. Pakaian ibadah.
  4. Pakaian perang.

Karena lafadz “takwa” diambil dari kata “wiqayah” yang artinya penjagaan. Namun Al-Qur’an memiliki makna yang luas sehingga semua arti itu dapat digunakan.

Dan yang dimaksud oleh ayat di atas adalah “Ruh Ketakwaan” yang menjaga manusia dari segala bentuk ketamakan dan dosa-dosa. Oleh sebab itu, ruh ketakwaan ini juga dapat merangkum amal saleh, rasa malu, ibadah maupun jihad.

Dengan tibanya Hari Raya, semoga kita semua mampu meraih predikat takwa sebagai hadiah terbaik kemenangan pasca berlalunya Ramadhan.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *