Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 11 June 2017

Kiat Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadan


quran

Islamindonesia.id – Kiat Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadan

 

Bulan Ramadhan dikenal juga sebagai musim semi Al-Qur’an. Saat di bulan-bulan lain kita sering melalaikan diri kita untuk membaca Al-Qur’an, maka bulan Ramadan melatih kita untuk memperbanyak tilawah Al-Qur’an.

Jika kita ingin mengkhatamkan Al-Qur’an satu kali saja dalam bulan ini, maka kita harus membacanya 10 lembar atau 20 halaman per harinya. Sebagaimana kita ketahui, Al-Qur’an cetakan terkini tiap juz berjumlah 10 lembar atau 20 halaman. Hanya juz terakhir yang berjumlah 23 halaman.

Nah, kesibukan kita seringkali membuat kita seolah tak punya waktu untuk membaca Al-Qur’an. Sekalinya punya waktu, maka kita merasa berat lantaran harus membaca 10 lembar atau 20 halaman Al-Qur’an demi mengkhatamkan Al-Qur’an satu kali saja di bulan mulia ini.

Oleh karena itu, ada cara mudah agar kita dapat mengkhatamkan Al-Qur’an dalam bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Pertama, bagilah waktu Anda menjadi 5 kali sehari sesuai waktu shalat kita.

Kedua, jika Anda ingin mengkhatamkan Al-Qur’an satu kali dalam bulan Ramadhan–dengan asumsi 30 hari–maka bacalah Al-Qur’an 2 lembar atau 4 halaman setiap selesai shalat Anda.

Ketiga, jika Anda ingin mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 2 kali dalam bulan ini, maka bacalah Al-Qur’an 4 lembar atau 8 halaman setiap selesai shalat. Berarti satu hari Anda dapat membaca 2 juz Al-Qur’an.

Demikianlah seterusnya, jika Anda ingin mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 3 kali, maka bacalah 6 lembar atau 12 halaman setiap selesai shalat.

Kelima, kerjakanlah secara konsisten. Namun demikian jika diasumsikan bahwa bulan Ramadhan hanya 29 hari, maka Anda harus menabung bacaan 1 juz Al-Qur’an dalam 29 hari tersebut. Oleh karena itu kita harus lebih banyak membacanya saat malam-malam 10 terakhir nanti.

Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat menjadi bekal untuk bulan-bulan selanjutnya. Semoga Allah mengumpulkan kita bersama para wali-Nya yang mengamalkan Al-Qur’an.

 

Tom/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *