Yahudi Pengkritik Ibnu Sina
Abu’l-Barakat al-Baghdadi selain dikenal sebagai filosof, dia juga seorang dokter. Ada juga yang memanggilnya “tabib”.
TERLAHIR di Balad, sekitar tahun 470/1077, Barakat memiliki darah keturunan Yahudi. Namun, di usianya yang tergolong matang, akhirnya di menyatakan dirinya sebagai Muslim. Jaringan pergaulannya yang luas dikalangan Yahudi dan Islam, membuatnya menjadi mudah diterima oleh berbagai kalangan, mulai dari rakyat jelata hingga bangsawan. Salah satu kenalan dari kalangan bangsawan adalah mendiang Sultan Mahmud.
Pemilik nama panjang, Abu’l Barakat Hibat Allah b Malka Al-Baghdadi al Baladi juga dikenal sebagai dokter berbakat dan cemerlang. Malahan disebut sebagai “tiada dua dijamannya”, seperti dikutip dari “Ahwad al Zaman” atau yang dibahasa Inggriskan menjadi : Unique of his time.
Mahakarya dari Al Baladi diantaranya Kitab Al Mu’tabar yang membahas tentang logika, naturalia (termasuk di dalamnya psikologi) dan metafisika yang kemudian diterbitkan dalam 3 volume tahun 1358/1939. Terdapat pula syarah atau komentar ilmiahnya yang rinci dan amat filosofis tentang “Surat-surat dalam perjanjian lama” (disusun dalam bahasa Arab)
Risalah lainnya adalah Risalah Fi Sabab Zuhur al Kawakib Laylan Wa Khafa’iha Naharan” yang diterjemahkan oleh E. Wiederman, dalam Eders Jahrbuch fir Photographice‘ tahun 1909. Tapi sebuah judul yang agak berbeda “Ru’yal Kawakib bi’l layl la bi’l Nahar dipadang sebagai karya Ibnu Sina.
Didalam ‘Al Mu’tabar” yang ditambahkan atau diperagakan dalam bagian besar pada kitab “Shifa-nya Ibnu Sina, Abu Barakat mengambil alih sejumah tesis dari buku tersebut dan mengutipnya secara harfiah. Namun disaat yang sama, diserangnya pula tesis-tesis lain yang sangat esensial terutama dalam bidang fisika. Dan yang jelas bahwa metode dan pembahasan dalam karya besar itu sangatlah filosofis. Adalah metode semacam itu pula yang mengantarkannya untuk menegaskan kepada pendukung faham dan teori ruang Aristoteles, eksistensi suatu ruang berdimensi tiga.
Bersama seorang cendekiawan, John Philopurus, dia menyanggah dan mampu membuktikan kekeliruan proposisi yang menjadikan kemungkinan (adanya) pergerakan dalam ruang hampa. Setelah mendemonstrasikan pikiran yang salah dan argumen-argumen yang berbelit-belit dan meluruskannya, ia lantas membuktikan ketidakberhinggaan (infinitas) ruang melalui ketidakmungkinan seorang memahami suatu ruang yang terbatas.
Demikian pula halnya seruan kepada pengetahuan apriori tentang pikiran manusia yang mendorog Abu Barakat untuk menjelaskan soal waktu. Menurutnya, penyelesaian tuntas tentang hal tersebut lebih bergantung pada metafisika, bukan hanya pada fisika. Dengan demikian waktu merupakan ukuran tentang “ada” bukan ukuran mengenai pergerakan. Dia tidak mengenal perbedaan tingkat-tingkat waktu yang beragam tahapan-tahapan zaman, dan sebangsanya seperti yang disangkakan oleh Ibnu Sina dan filosof besar lainnya. Jadi waktu mencirikan adanya pencipta (Al Khaliq) dan yang dicipta (Al Makhluq).
Abu Barakat yang otoritasnya didukung oleh seorang ilmuwan Yahudi dari Irak, Samuel bin Ali, dalam polemiknya dengan Maimonides, beroleh sokongan dari kaum muslimin diantaranya Ali Al-Dawla Faramurz bin Ali, seorang pangeran dari Yazd. Pangeran inilah yang membela sang dokter filosof dan doktrinnya dalam sebuah karya berjudul ” Muhjat Al- Tawhid” dan juga dalam suatu perdebatan sengit dengan Umar Kayyam.
Pengaruhnya terhadap seorang tokoh, Fakhruddin r Razi, tampak cukup meyakinkan. Ini terutama mencolok dalam buku Al-Mabahith Al Mashrikiyya” karya agung Ar- Razi, serta pengaruh historisnya yang besar. Begitu pula hasil observasi Muhammad bin Sulaiman Al-Tanakabuni, seorang penulis asal Persia abad 19 yang pada intinya menyatakan bahwa tradisi Ibnu Sina nyaris kolaps gara-gara serangan bertubi-tubi dari Abu’l Barakat dan Fakhruddin Razi sebelum diselamatkan dan ditegakkan kembali oleh Nasir ad Din al Tusi.
Diakhir hayatnya, Abu Barakat mengalami kebutaan dan menghirup nafas penghabisannya pada tahun-tahun sesudah tahun 560/1164.
sumber : dari berbagai sumber
Leave a Reply