Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 21 April 2015

`Tirulah Semangat Belajar Kartini`


Raden Ajeng Kartini pantas menyandang gelar pahlawan kaum level internasional dan bukan sekadar pahlawan di dalam negeri, kata seorang pejabat di kota asal Kartini, berharap kaum perempuan meniru ketinggian intelektualitas dan semangat belajarnya.

Berbicara dalam peringatan hari lahir ke-135 Kartini di Jepara, Bupati KH. Ahmad Marzuki menggambarkan sosok Kartini, kelahiran Mayong, terus menginspirasi banyak kalangan.

Hidup dan perjuangan Kartini menjadi objek penelitian kalangan ahli dari luar negri, seperti Australia dan Belanda, katanya.

“R.A. Kartini itu luar biasa, karena intelektual dan pengetahuannya tinggi, baik pengetahuan umum, bahasa dan juga pengetahuan agamanya”, katanya di hadapan ratusan ibu-ibu berkebaya dari berbagai jajaran sekabupaten Jepara itu.

Kartini dalam menulis bukunya yang terkenal, Habis Gelap Terbitlah Terang, lanjut Marzuki, berpijak dengan surat Al Baqarah ayat 257, yang menyatakan bahwa Allah lah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya . “Ini salah satu bukti penguasaan Kartini sekaitan dengan Al Quran”, katanya.

Orang nomer satu di kota Ukir itu berharap agar Kartini bukan hanya diperingati dan ditiru dari pakainnya saja, namun dari keunggulan intelektualnya secara keseluruhan.

“Di masa kini, tirulah Kartini secara universal terutama ilmu pengetahuan dan semangat belajarnya,” katanya.  

 

(MA/Islam Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *