Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 26 February 2023

Surat Edaran DMI: Sterilkan Masjid dari Tarik Menarik Kepentingan Politik


islamindonesia.id РDewan Masjid Indonesia (DMI) yang dipimpin Jusuf Kalla, meminta agar semua masjid, musala, langgar dan surau agar steril dari tarik-menarik kepentingan politik saat memasuki bulan Ramadhan tahun 1444 H/2023 ini.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran bernomor 030.D/III/SE/PP-DMI/II/2023 pada awal Februari 2023 yang ditujukkan kepada seluruh pengurus masjid di Indonesia. Surat ini ditandatangani oleh Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla dan Sekretaris Jenderal DMI, Imam Addaruqutni.

“Sehingga semua masjid, musala, langgar, dan surau agar disterilkan dari tarik-menarik kepentingan politik dan politik kepentingan yang justru akan berpotensi memecah persatuan dan keutuhan umat dan bangsa,” bunyi salah satu poin Surat Edaran tersebut.

Edaran ini dikeluarkan DMI lantaran bulan Ramadhan tahun ini sudah mulai memasuki suasana demam politik menuju Pemilu 2024.

DMI juga meminta masjid disemarakkan dengan menyiapkan program tausiyah Islamiyah yang menyejukkan, memupuk persatuan kesatuan umat dan bangsa.

“Maka agar gema Ramadhan dimaksimalkan untuk membangun kedamaian dan ketakwaan,” bunyi edaran tersebut.

Selain itu, DMI juga meminta masjid agar menggunakan pengeras suara masjid dengan pengaturan suara keluar tidak berlebihan. Baik volume, tempo, dan intensitasnya. DMI meminta pengaturan pengeras suara masjid disesuaikan dengan Surat Edaran (SE) Menag Nomor 05 Tahun 2022.

Hal ini perlu dilakukan mengingat intensitas suara pengeras suara masjid, musala, langgar, dan surau di bulan Ramadhan akan meningkat lebih dari biasanya.

“Yaitu lima menit sebelum azan Zuhur, Ashar, Maghrib, Isyak dan sepuluh menit sebelum azan Subuh, sedangkan kegiatan lain menggunakan sound system dalam,” bunyi salah satu poin Edaran tersebut.

Bulan Ramadhan tahun ini diperkirakan akan jatuh sekitar pertengahan bulan Maret 2023 mendatang. Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1444 Hjatuh pada 23 Maret 2023. Sementara Pemerintah melalui Kementerian Agama belum memutuskan karena masih harus menggelar sidang isbat dan mengumpulkan hasil pemantauan hilal awal Ramadhan 1444 H.

EH/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *