Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 17 December 2013

Sineas Iran akan Buat Film tentang Mandela


Kesedihan seorang pendukung Mandela

Belum sebulan mangkat, ada rencana kisah perjuangan Nelson Mandela akan difilmkan oleh Meysam Shahbabaie. Pembuat film dokumenter asal Iran tersebut kini sedang berada di Afrika Selatan untuk mempersiapkan film tentang perpisahan dengan mendiang pemimpin Afrika Selatan itu.

 Rencananya Shahbabaie, akan menggambarkan hari-hari terakhir kehidupan Mandela dan upacara pemakaman pemimpin besar anti-apartheid itu. Demikian kantor berita IRNA mengabarkan pada Selasa (17/12).

 ” Mandela adalah pahlawan perdamaian dan simbol pemaafan, yang kisah perjuangannya layak difilmkan,” ungkap pembuat film “I am a sign”, “Life is War and Nothing” dan “No Place, No Time” itu. 

Kendati pernah disiksa dan dipenjarakan selama puluhan tahun, setelah menjadi presiden Afrika Selatan, ia justru memaafkan aparat keamanan dan peradilan rezim spartheid yang melakukan semua bentu kekerasan itu kepadanya.

Mandela-lah yang menetapkan pola untuk para pemimpin revolusioner yang menggulingkan rezim despotik untuk tidak membalas dendam para pejabat bekas pemerintahan diktator. (hj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *