Satu Islam Untuk Semua

Friday, 06 November 2015

Selangkah Lagi, Gus Dur Bergelar Pahlawan Nasional


552962646ea834ed0c8b4568

Pemerintah segera menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional untuk eks Presiden Abdurrahman “Gus Dur” Wahid, kata pejabat.

Menurut Ketua Umum Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat, lembaga pengkaji gelar pahlawan, Khofifah Indar Parawansah, penganugerahan gelar itu “tinggal menunggu waktu”.

“Kalau kepahlawanan Gus Dur itu dari TP2GP itu sudah selesai, dari dewan gelar sudah selesai tinggal menunggu saat penganugerahannya,” kata Khofifah seperti dilansir Kompas (5/11).

Menurut Khofifah, seluruh tahap dalam rangka pemberian gelar pahlawan nasional terhadap Gus Dur telah rampung. Tokoh NU yang juga menteri sosial ini menyatakan, penobatan Gus Dur sebenarnya sudah pernah diputuskan akan diberikan pada  2013.

“Gus Dur sudah pernah diputuskan di 2013, dan di-pending. Sesungguhnya hanya menunggu waktu, itu catatan dari dewan gelar,” katanya.

Di Senayan, Daniel Johan, Wakil Sekjen DPP PKB, menyatakan diajukannya Gus Dur sebagai pahlawan nasional berdasarkan  masukan yang diterima dari berbagai daerah, termasuk  masyarakat lintas suku dan agama. Di internal PKB juga, menurut Daniel, telah mengeluarkan keputusan yang mendukung  penuh.

“Seribu persen kami mendukungnya. Bahkan PKB sudah mengajukan Gus Dur sebagai Pahlawan Nasional ‎dari tiga tahun lalu,” kata anggota Komisi IV DPR itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menetapkan Benhard Wilhem Lapian, Mas Isman, I Gusti Ngurah Made Agung, Ki Bagus Hadikusumo, Komisaris Jenderal Dr. H Moehammad Jasin sebagai Pahlawan Nasional. Penobatan yang digelar di Istana Negara ini berdasarkan Keputusan Presiden, 4 November 2015.

Edy/ Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *