Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 14 May 2014

Sekjen PBB Serukan Pesan Damai Veisak 2014


foto:unesco.org

Umat Buddha harus berkomitmen terhadap perdamaian seperti yang diajarkan oleh Sri Buddha.

 

VEISAK 2014 harus dijadikan momen untuk menyebarkan pesan Sri Buddha akan perdamaian, belas kasih dan cinta untuk semua makhluk hidup. Demikian pernyataan tertulis Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon seperti dikutip oleh situs Buddha, bhagavant.com pada Selasa (12/5).

Dalam kesempatan itu, Ban Ki-moon juga menyatakan solidaritas dan rasa prihatin yang mendalam bagi mereka yang masih terkena dampak dari Topan Haiyan,beberapa waktu lalu di kawasan Asia Tenggara. ” Saya melihat sendiri beberapa dampaknya dan ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengekspresikan kesetiakawanan yang berkelanjutan dari PBB dalam membantu orang-orang di wilayah tersebut,”tulis lelaki asal Korea Selatan itu.

Tak lupa Sekjen PBB mengharapkan agar beberapa ketegangan dunia yang saat ini melanda bagian Asia dan tempat lain secepatnya berakhir. Ia menyerukan dunia untuk menengok ajaran Sri Buddha yang lebih mengedepankan cinta kasih dalam melaksanakan hidup. ” Ajaran-ajaran tersebut dapat menginspirasi upaya kita untuk mengatasi banyak tantangan yang lebih luas yang dihadapi dunia kita – dari konflik hingga ketidaksetaraan hingga perubahan iklim. Dalam setiap bidang ini, kita harus naikkan di atas kepentingan pribadi yang sempit, dan berpikir dan bertindak sebagai anggota dari satu komunitas global.” Tulisnya

Ajakan untuk berkomitmen terhadap perdamaian diserukan pula oleh Ban Ki-moon, sebagai bentuk kerja sama demi kebaikan bersama, dan untuk kemajuan seluruh umat manusia. ” Saya berterima kasih atas komitmen Anda untuk cita-cita ini, dan berharap Hari Waisak Anda mengesankan dan penuh sukacita,” pungkasnya.

 

Sumber: bhagavant.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *