Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 22 May 2014

Sejarah Kebangkitan Islam Akan Ada di Sekolah Inggris


BBC.

Universitas Inggris mengharapkan calon siswa yang memiliki pengetahuan meluas.


Karena dianggap pelajaran sejarah yang selama ini diajarkan di sekolah-sekolah Inggris hanya mengulang-ulang dan ‘terfokus pada sejarah Barat’, maka beberapa pihak mengusulkan untuk menambahkan topik di dalamnya, sebagaimana dikatakan kepala unit sejarah di OCR, Mike Goddard, kepada BBC.

“Universitas-universitas mengatakan kepada kami mereka menginginkan siswa yang memiliki pengetahuan yang lebih luas,” katanya.

Namun dia menegaskan bahwa topik-topik yang selama ini, seperti masa Tudor dan Victoria di Inggris maupun Hitler, tetap akan masuk dalam kurikulum baru yang akan dibahas.

Di antara topik baru yang sedang diuji dan diusulkan, yakni pelajaran Kebangkitan Islam dan Kerajaan-kerajaan Prakolonialisasi di Afrika, raja Inggris di abad ke-9, Alfred Agung, dan kaisar Mongolia, Genghis Khan.

Topik-topik baru dalam rancangan pelajaran sejarah tersebut diperuntukkan bagi siswa tingkat sekolah menengah atas Inggris atau A-level.

Lembaga kajian ujian sekolah Inggris, OCR, mengatakan tujuan dari tambahan topik-topik baru tersebut adalah untuk memperluas mata pelajaran sejarah, yang merupakan terpopuler kelima di A-Level.

Sekitar 10 topik merupakan hal yang sama sekali baru dalam pelajaran sejarah A-level.

Meski demikian, penambahan pelajaran ini baru sekadar rencana dan masih harus disetujui otoritas setempat. Jika diterima akan diajarkan di sekolah-sekolah mulai September 2015.

 

Sumber: BBC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *