Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 10 February 2015

Sehari Lepas Banjir, Jakarta Kembali Menggeliat


Kawasan bundaran Hotel Indonesia terendam air.

Jalan-jalan poros Jakarta kembali menggeliat satu hari setelah hujan seharian lebih menggebah kota dan memaksa jutaan warga jadi tawanan air bah di kawasan yang justru menjadi ikon Ibu Kota, termasuk Istana Negara.

Pantauan reporter Islam Indonesia, kawasan Gatot Subroto dan Rasuna Said yang lengang semalam kembali ramai meski kemacetan, yang menjadi pemandangan rutin, belum terlihat.

Pejabat bilang banjir kemarin menggenangi 93 ruas jalan, termasuk jalan protokol utama yang menjadi urat nadi transportasi kota.

Menurut Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, banjir belum cukup untuk mengangkat status kota menjadi ‘darurat siaga’. Alasannya, katanya, sembilan dari 12 pintu air yang menjadi idikator banjir belum menunjukkan ketinggian yang mencemaskan.

Menurut Menteri Perekonomian, Sofyan Djalil, banjir tahun ini bukanlah ‘kiriman’ air bah dari Bogor seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Masalahnya banjir lokal karena hujan yang sangat tinggi. Kemudian ada masalah drainase, pompa, listrik dimatikan karena takut korslet. Ini tentu menjadi pembelajaran yang bagus, sehingga tahun depan tidak terjadi lagi,” katanya.

(Ami/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *