Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 03 June 2017

Sebulan Puasa, Makan Mie Instan Cukup Dua Kali Saja


Sebulan Puasa, Makan Mie Instan Cukup Dua Kali Saja

islamindonesia.id – Sebulan Puasa, Makan Mie Instan Cukup Dua Kali Saja

 

Mie instan adalah panganan yang mudah dibuat. Selain itu, makanan cepat saji itu pun sangat mudah didapatkan. Makanya, mie instan cukup banyak dipilih sebagai pengganti makan.

Saat sahur, mengonsumsi mie instan kerap jadi pilihan. Waktu sahur yang singkat menuntut kita menyediakan makanan cepat jadi. Mie instan rasa favorit jadi jawabannya. Tapi, meski enak, ternyata makan sahur dengan mie instan itu berbahaya untuk kesehatan.

Dijelaskan pakar diet dari Mount Elizabeth Hospital Seow Vi Vien pada Straitstimes, mutu gizi mie instan menjadi perhatian karena mengandung sejumlah lemak jenuh dan sodium tinggi yang jahat bagi tubuh. Selain itu, mie instan ternyata juga sedikit mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral. Jadi, dapat dipastikan tidak bisa menjadi pengganti makanan yang sehat.

Selanjutnya, Soew mencatat bahwa dalam satu bungkus mie instan mengandung natrium hingga 1.700mg, atau sekitar 85 persen dari jumlah asupan sodium harian yang disarankan. Dengan konsumsi garam atau sodium yang berlebihan itu dapat meningkatkan risiko seseorang terkena tekanan darah tinggi atau stroke.

Dia menambahkan, jika ingin mengonsumsi mie instan, ada baiknya memperhatikan batasan asupan. Bagi Seow, jumlah asupan yang masih bisa ditoleransi adalah satu bungkus dalam dua minggu. Jadi, dalam sebulan berpuasa, hanya diperbolehkan mengonsumsi dua bungkus saja.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *