Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 13 September 2014

Prospek Besar Bisnis Syariah Online


Bisnis online

Perkembangan teknologi dan informasi, terutama internet mendorong pelaku untuk berbisnis secara online. Sistem ini sangat populer karena menghilangkan keterbatasan ruang dan jarak. Jumlah pengguna internet di Indonesia yang sangat tinggi juga ikut mendorong pelaku bisnis secara syariah untuk memasarkan produknya secara online.

Berdasarkan data Kementerian Kominfo, pengguna internet di Indonesia mencapai 82 juta orang atau berada pada peringkat ke-8 di dunia. Besarnya pengguna internet menjadi potensi besar bagi bisnis online (e-commerce), terutama online syariah. Pasalnya, penduduk Indonesia merupakan mayoritas Muslim.

Menurut Pengawas Perbankan Syariah dari OJK Regionel 2 Lukman Hakim, pihaknya akan mendorong bisnis online syariah agar lebih prospektif dan menjanjikan. Dia menilai antara bisnis online syariah dengan konvensional sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan. Perbedaan itu, hanya terletak pada akad yang dipakai pada bisnis. Hal ini mengikuti kaidah dalam aturan ekonomi syariah.

Bisnis e-commerce di Indonesia yang berkembang pesat mengakibatkan munculnya tren belanja online. Berbagai situs menawarkan produknya untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, makanan, hingga pakaian ditampilkan di dunia maya menunggu adanya pembeli yang ingin menggunakannya di dunia nyata. Situs yang paling diminati adalah situs yang menjual produk pakaian, baik pria maupun wanita.

Efisiensi waktu menjadi pertimbangan pembeli pria dan wanita ketika memilih untuk berbelanja secara online. Selain melalui situs, ada pula online store yang menjual produknya melalui akun sosial media, seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya. Tren belanja online ini juga diminati oleh kalangan Muslim di Indonesia, khususnya para wanita.

Beberapa tahun belakangan ini, tren fashion Muslim Indonesia menjadi sorotan dunia berkat hasil karya para desainer yang berbakat. Desainer busana Muslim di Indonesia menjadi pendorong muculnya berbagai online department store khusus wanita Muslim yang menjual busana hingga perlengkapan Muslimah.

Dengan konsep department store, suatu situs e-commerce dapat menyediakan berbagai produk yang memudahkan calon pembeli untuk memenuhi kebutuhannya. Seluruh produk yang berkaitan dengan wanita Muslim terlah disediakan di situs tersebut, sehingga calon pembeli tidak perlu “berpindah toko” seperti yang biasa dilakukan ketika berbelanja di pusat perbelanjaan. Ada beberapa situs online muslim yang sangat diminati di Indonesia, antara lain Hijabenka.com, Elzatta Hijab, Zoya, Rabbani, Shafira.

Bisnis online syariah juga diperbolehkan mengambil keuntungan dari aktivitas komersial tersebut sesuai dengan kaidah Islam yang berlaku. Salah satu bisnis online syariah, yakni ada ijab qabul. Hal tersebut dapat dilakukan melalui telepon. Cara ini sesuai ijtima sebagian besar para ulama. Dengan demikian, maka ijab qabul tetap dapat dilakukan meski tidak tatap muka secara langsung. Syarat lainnya ada produk yang dijual, pihak yang menjual, dan harga barang yang dijual.

(Wahyu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *