Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 02 October 2016

PBNU: Awal Muharram 1438 Jatuh pada Hari Senin, 3 Oktober


lebaran-2014-jatuh-hari-apa

IslamIndonesia.id – PBNU: Awal Muharram 1438 Jatuh pada Hari Senin, 3 Oktober

 

 

Tim rukyat Lembaga Falakiyah PBNU yang tersebar di berbagai daerah melaporkan tidak melihat hilal atau bulan sabit tanda awal bulan. Karena itu, jumlah bulan Dzulhijjah disempurnakan menjadi 30 hari (istikmal) dan awal tahun baru hijriah dimulai pada hari Senn. Dari kesimpulan ini, PBNU mengeluarkan ikhbar bahwa tanggal 1 Muharram 1438 hijriah jatuh pada Senin, 3 Oktober 2016, atau persisnya dimulai sejak Ahad (2/10) malam, berdasarkan hasil pantauan rukyat hilal. 

“Seluruh jajaran LF PBNU mengucapkan selamat tahun baru 1438 hijriah. Semoga rahmat dan barakah selalu menyertai kita dalam berkhidmah untuk umat dan bangsa,” kata Ketua LF PBNU KH A Ghazalie Masroeri.

[Baca: PENDIDIKAN–Kursus Singkat Rukyatul Hilal] 

Ghazalie juga mengucapkan terima kasih kepada warga NU di berbagai daerah yang berpartisipasi dalam observasi langit atau rukyat dalam rangka memastikan awal bulan Muharram.

Muharram termasuk salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam. Bahkan, Muharam mendapat julukan “bulan Allah” (syahrullah). Di bulan pertama dalam hitungan kalender qamariyah ini terdapat anjuran amalan sunah, di antaranya adalah puasa. []

 

[Baca: Muharram, Momen Hilangkan Kebencian & Kekerasan]

 

 

 

YS/ IslamIndonesia/ Sumber: nu.or.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *