Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 24 September 2013

Muhammadiyah Fasilitasi Pengungsi Gunung Sinabung


Persyarikatan Muhammadiyah memberikan bantuan logistik bagi para pengungsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara (Sumut). 

Melalui Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Karo, Muhammadiyah membentuk Tim Koordinator Peduli Kemanusiaan Muhammadiyah Kabupaten Karo untuk Gunung Sinabung. 

Tim Koordinator Peduli Kemanusiaan ini langsung dipimpin Ketua PDM Kabupaten Karo Erwin Tanjung. Saat ini, tim tersebut bertugas memberikan pendampingan kepada para pengungsi. 

Menurut Erwin, selain memberikan bantuan logistik, ada tiga hal yang menjadi titik fokus pendampingan Muhammadiyah Karo, yakni pembinaan mental dan spiritual. 

“Hal ini dilakukan dengan menurunkan para mubaligh-mubaligh Muhammadiyah yang bertugas setiap hari pada posko-posko yang ada umat Islamnya,” katanya, di laman Muhammadiyah.or.id, Ahad (22/9). 

Berikutnya, PDM Kabupaten Karo juga memfasilitasi belajar mengajar para anak-anak pengungsi di sekolah-sekolah Muhammadiyah untuk menampung anak-anak yang berada di dalam pengungsian sesuai dengan tingkat pendidikan mereka, mulai dari TK hingga SMA. 

Selain itu, menurut Erwin, anak-anak di pengungsian juga diberikan pendampingan dan penguatan mental. “Berbagai kegiatan dilakukan dengan tujuan untuk menguatkan mental mereka (anak-anak pengungsian),” ujarnya. 

Pembinaan ini, melibatkan guru-guru TK ABA Kabanjahe, angkatan Muda Muhammadiyah dan organisasi otonom Aisyiyah. 

Setelah tiga tahun berlalu, Gunung Sinabung kembali meletus pekan lalu, Ahad (15/9) dini hari, dan dilanjutkan dengan letusan yang lebih besar dua hari kemudian. Letusan kedua ini memuntahkan abu yang diperkirakan sampai enam kilometer ke atas. 

Letusan Gunung Sinabung ini kembali membuat masyarakat dievakuasi ke daerah aman untuk menghindari abu vulkanik. 

Letusan kedua ini semakin menambah jumlah pengungsian menjadi enam belas titik pengungsian yang disediakan dengan jumlah pengungsi yang telah mencapai 14 ribu orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *