Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 29 June 2014

Menu Sehat Ramadhan


Ramadhan bykenanhudabi

ISLAMINDONESIA – Ramadhan. Selain bulan ibadah, ini juga masa-masa dimana banyak dari keluarga Muslim sibuk menyiapkan makanan untuk sahur dan buka puasa. Tapi, mana menu yang sehat? Bagaimana agar tidak kegembrotan di penghujung puasa?

Seorang ahli gizi, Maryam Sheirmasti, menyarankan agar di hari-hari terakhir bulan Sya’ban Anda mengurangi konsumsi cemilan dan meringankan menu makan siang. Ini akan menghindarkan Anda dari masalah saluran pencernaan di hari-hari pertama puasa.

Sudah terlambat?

Jangan putus harapan. Sepanjang Ramadhan, Shirmasti punya kiat paripurna. Ini katanya:

1. Makan sahur. Kalau Anda tak mau bangun sahur, karena berbagai alasan, Anda cenderung akan menyantap makanan berat saat buka puasa. Dan ini bisa memicu pembengkakan ons demi ons berat badan Anda. Hindari menu sahur yang berlemak, digoreng atau sangat berbumbu. Hindari juga makanan berprotein tinggi karena akan membuat Anda haus sepanjang hari. Sebagai ganti, Anda bisa menyantap sayuran matang, kacang-kacangan, sup dan yoghurt.

2. Berbuka dengan minuman hangat seperti teh manis — jangan yang pekat — atau susu hangat dengan gula alami semisal kurma dan sari anggur. Hidangan buka puasa juga harus ringan.

3. Sekitar 40 menit lepas buka puasa, Anda boleh makan malam. Menunya, agar perut tidak kembung dan lambung tak kesulitan mencerna, tetap harus ringan. Lalu 1-2 jam selepasnya, isi perut Anda dengan cemilan buah-buahan, sayur mayur segar atau salad. Jangan pula lupa minum delapan gelas air, secara bertahap, antara buka puasa sampai waktu imsak.
 
Masih menurut Shirmasti, puasa tidak tepat bagi penderita penyakit batu ginjal, pasien tekanan darah tinggi, penderita diabetes yang kadar gulanya tak terkontrol dan mereka yang mengalami tukak lambung.

Sementara wanita hamil, di usia tiga bulan pertama dan tiga bulan terakhir—menurut pendapat Maryam—sebaiknya tidak bnerpuasa. Begitu pula wanita yang baru mulai menyusui bayinya.

So, selamat hidup sehat di bulan puasa! [T/A]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *